Kia Sportage Diganjar Bintang 5 Euro NCAP

Kia Sportage Diganjar Bintang 5 Euro NCAP Dok : Euro NCAP

KabarOto.com – Euro NCAP memberikan nilai bintang 5 untuk kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) asal Korea, yakni Kia Sportage. Pengujian dilakukan untuk memastikan standar keamanan dari Sportage memadai saat terjadi kecelakaan di jalan raya.

KIA Sportage sendiri baru diresmikan di Indonesia pada GIIAS 2022 beberapa waktu lalu. Hanya hadir dalam satu varian saja dengan banderol sekitar Rp 735 juta OTR Jabodetabek.

Saat melakukan pengujian NCAP melakukan tes tabrak dari posisi depan, dan samping. Alhasil semua airbag bekerja sempurna, lalu posisi airbag juga menopang dengan baik area vital, agar cedera tidak terlalu parah.

Baca juga: Profil KIA Sportage Yang Melantai Di GIIAS 2022

Tidak hanya itu, desain jok juga dinilai aman dan mencegah terjadinya cedera leher serius. Begitu juga tensioner seat belt mampu bekerja baik menahan badan terpental kedepan. Pihak NCAP memberi nilai 87% untuk perlindungan dewasa, dan 86% perlindungan anak-anak.

Sementara fitur bantuan pengereman bekerja cukup baik, Sportage mampu mendeteksi pejalan kaki, pesepeda, bahkan mobil yang ada di depannya. Lalu lane keeping assist turut dites, agar menjaga mobil tidak keluar dari jalurnya. Hasilnya NCAP memberi nilai 66% untuk perlindungan pejalan kaki, dan 72% untuk fotur keamanan.

Baca juga: Kia Sonet X Line Dibanderol Rp250 Jutaan Di India

Soal fitur, sebenaranya Sportage dibekali paket komplet, bahkan untuk pasar Indonesia. Misalnya Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang termasuk Smart Cruise Control (SCC), Lane Keep Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), dan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA).