POPULAR STORIES

Kia Sportage PHEV, Solusi Berkendara SUV Rendah Polusi

Kia Sportage PHEV, Solusi Berkendara SUV Rendah Polusi Sumber Foto : KIA Global

KabarOto.com – Setelah meluncurkan Kia Sportage 2022 pada Oktober lalu, kini hadir varian baru dengan penggerak Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Pertengahan Februari ini, pabrikan asal mobil asal Korea Selatan menambah jajaran SUV elekftifikasi. Dibangun dari basis Sportage hybrid 2022, varian PHEV ini menawarkan efisiensi lebih baik.

Baca Juga : Airbag Bermasalah, Ratusan Ribu Mobil Kia Ditarik Kembali

“Sportage PHEV pertama yang diperkenalkan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa Kia mendengarkan konsumen yang meminta solusi elektrifikasi dengan mesin yang efisien. Dari Sportage ini kami memenuhi janji itu dalam paket SUV canggih,” ungkap Sean Yoon selaku Presiden dan CEO Kia Amerika.

Secara tampilan, Sportage PHEV ini mengusung desain “Opposite United” yang menampilkan gril depan berbentuk hidung harimau besar dipadukan LED DRL berbentuk bumerang. Begitu pula bagian samping terdapat aksen satin krom dan pelek 18 inci diberi finishing hitam. Sementara untuk bagian belakang tidak banyak perubahan sebagai varian hybrid.

Bicara soal perfoma, SUV ini dibekali mesin empat silinder turbocharged 1.600 cc, memiliki tenaga 177 dk. Jika digabungkan dengan motor listrik 66,9 kW mobil ini memiliki total tenaga hingga 261 dk dengan torsi 349 Nm alias lebih besar 30 dk dari varian Hybrid.

Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Motor listrik ini didukung oleh paket baterai lithium-ion 13,8 kWh yang mampu berjalan sejauh 51 km dalam mode eletrik saja. Untuk pengisian baterai diklaim mampu selesai dalam 2 jam saja.

Baca Juga : Kia Carens Cetak Rekor Pemesanan Terbanyak Di India

Dalam keadaan standar, SUV ini dilengkapi paket sistem keselamatan ADAS yang termasuk, Driver Attention Warning, High Beam Assist, Lane Following Assist, Forward Collision Avoidance, Rear Occupant Alert, Reverse Parking Distance Warning, Blind Sport Collision Avoidance, Rear Cross-Traffic Collision, hingga Safe Exit Warning.

Kia Sportage PHEV 2023 ini hanya tersedia dalam dua varian saja yaitu X-Line dan X-Line Prestige saja. Bicara soal harga, sayangnya pihak Kia tidak menyinggung nih Sob!