POPULAR STORIES

Kia Stinger GT S, Bila Ingin Fastback Kencang

Kia Stinger GT S, Bila Ingin Fastback Kencang

KabarOto.com - Mobil performa tinggi asal Korea yakni Kia Stinger menyuguhkan pilihan baru untuk konsumennya pada awal tahun ini. Diyakini diposisikan sebagai flagship yakni Kia Stinger GT S. Tak perlu kaget dengan harganya karena di Inggris dibanderol £42.595 atau setara Rp 805 juta.

Penyempurnaan dilakukan dengan melengkapi fitur teknologi dan keselamatan. Serta tampilannya dibuat memikat seperti penggunaan pelek 19 inci berbahan alloy dan cakram Brembo.

Baca juga: Kia Segera Rilis Logo dan Slogan Baru



Penanda khusus dihadirkan berupa lampu rem dengan kombinasi kerlingan. Setiap unit LED terdapat 10 titik, berkesan seperti bendera kotak-kotak hitam putih.

Saat mengakses kabin Stinger GT S ini, Kia tak menampik tak ada ubahan desain di sini. Hanya penggunaan material mewah, warna dan tekstur dibuat berbeda.



Tambahan terlihat di bagian bawah lingkar kemudi bergaya flat-bottom dan penggunaan chrome di instrumen cluster. Nah, informasi perihal mobil bisa di dapat di layar berukuran 7 inci sebening kristal dan berwarna dengan grafis vivid baik di spidometer atau di takometer.

Spion dalam kini tanpa frame, lebih berkelas pastinya dan modern serta memberikan padangan lebih baik. Oh iya, di dasbor akan dijumpai layar sentuh multimedia berukuran 10,25 inci. Bisa digunakan pula untuk hiburan dan navigasi.

Suasana konser juga bisa dihadirkan selama berkendara, karena Kia mempercayakan tatanan audio lansiran harman/Kardon® premium sebanyak 15 speaker. Sudah berfitur Clari-Fi, sehingga suara yang dihadirkan kian jernih dikombinasi QuantumLogic Surround Sound.



Paling canggih ditawarkan kepada konsumen adalah 'connected car' Remote Engine Start System, memungkinkan pemilik bisa menyalakan mesin melalui smart key. Ada kamera 360 derajat pula memonitoring keliling mobil, sehingga aman dari bodi lecet saat parkir di tempat sempit.

Pendukung keselamatan terdepan juga disematkan di Stinger GT S, seperti Blind-Spot View Monitor (BVM) sebagai mata tambahan bagi pengendara. Akan menampilkan gambar di instrumen panel ketika pengendara ingin berbelok tapi tak menyadari ada kendaraan lain.

Lane Following Assist (LFA) memastikan mobil tetap di jalurnya. Dibantu pula Highway Driving Assist (HDA) akan menjaga mobil dengan kendaraan di depan saat di jalan tol dan memastikan mobil tetap berada di tengah jalur, meskipun jalannya berbelok.

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) merupakan fitur terbaru bagi Stinger agar menghindari dari tabrakan ketika melintas di persimpangan. Intelligent Speed Limit Assist (ISLA) juga fitur baru di Stinger untuk membaca rambu lalu lintas.

Smart Cruise Control (NSCC) berbasis navigasi juga memudahkan pengendara secara otomatis melakukan deselerasi ketika lalui tikungan yang perlu kecepatan melambat, mobil akan kencang lagi ketika mengetahui jalur tol lurus lagi.

Baca juga: Kia Carnival Sudah Sampai Thailand, PT KIA: Masih Fokus Sonet

Hampir melupakan hal penting di Stinger ST S, yakni performa dari dapur pacu T-GDi instalasi V6 berkapasitas 3.342 cc. Terdapat turbocharger di mesin Lambda II ini, sehingga total tenaga mencapai 360 dk pada 6.000 rpm dan torsinya 510 Nm bermain pada 1.300 rpm-4.500 rpm.

Akselerasi Stinger GT S ini juga cukup bisa diandalkan, 0-96 kpj hanya perlu waktu 4,7 detik. Kecepatan tertingginya 268 kpj dengan memainkan transmisi otomatis 8 percepatan ISG.