POPULAR STORIES

Kiprah Toyota GR Yaris AP4 Di Ajang Motorsport Indonesia

Kiprah Toyota GR Yaris AP4 di Ajang Motorsport Indonesia Pereli TGRI, Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto (Toyota GAZOO Racing Indonesia)

KabarOto.com - Toyota GAZOO Racing Indonesia (TGRI) merupakan tim balap mobil PT Toyota Astra Motor (TAM) yang diperkuat oleh pembalap-pembalap nasional. TGRI turut serta di ajang balap bergengsi Kejuaraan Nasional yakni Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), slalom (Gymkhana) hingga rally maupun sprint rally.

Line-up pembalap TGRI diisi oleh pembalap nasional berpengalaman di kelasnya, seperti Adrianza Yunial, Anjasara Wahyu, Demas Agil, Haridarma Manoppo, Herdiko Setyaputra, Alinka Hardianti, Ryan Nirwan, Adi Indiarto dan Jordan Johan.

Baca Juga: TGRI Raih Juara Pertama Kelas M1 Kejurnas Sprint Rally 2022 Putaran Ke-3

Awalnya, tim balap motorsport Toyota sendiri dibentuk pada tahun 1989 dengan nama Toyota Team Indonesia (TTI). Tim ini dibentuk sebagai tim balap mobil pabrikan Toyota khusus Touring Car yang pada masanya diperkuat oleh pembalap nasional seperti Alex Asmasoebrata, Tomy Santosa, Indra Saksono dan Jimmy Lukita.

Toyota GR Yaris AP4 saat dipamerkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 (KabarOto)

Seiring waktu, pada tahun 2008, TTI mulai mengembangkan kiprahnya di dunia motorsport dengan berpartisipasi aktif dalam kejuaraaan nasional slalom (Gymkhana).

Hingga tahun 2022, TTI berganti nama menjadi Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI). Di tahun 2022, Tim TGRI semakin memperkuat komitmennya di dunia balap dengan mengikuti ajang rally dan sprint rally.

Toyota GR Yaris AP4 (PT Toyota-Astra Motor) berhasil meraih poin maksimal selama kejuaraan reli nasional (Toyota)

Di kelas Sprint Rally, penampilan impresif ditunjukkan pereli TGRI, Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto pada tiga seri awal Kejurnas Sprint Rally 2022.

Kepiawaian dan teknik pasangan tersebut membuat GR Yaris AP4 menguasai kelas paling bergengsi M1 (sedan 4 wheel-drive) kategori A.

Memanfaatkan basis Pure GR yang dirancang untuk kepentingan reli dunia WRC, GR Yaris AP4 memberikan kesempatan luas kepada engineer TGRI untuk meracik setting sasis, mesin, ban, hingga kaki-kaki paling andal untuk bertarung di kelas sprint rally dan rally.

Baca juga: Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris AP4 Yang Berlaga Di Kejurnas Rally Indonesia 2022

Sementara itu, pada seri perdana Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally 2022, Ryan Nirwan dan Adi Indiarto juga mendapat hasil positif. Digelar di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari (HTI-TPL), Aek Nauli, Simalungun, Sumatra Utara, 5 hingga 7 Agustus lalu.

Dar total 9 etape yang dilakoni, Ryan Nirwan dan Adi Indiarto berhasil meraih kemenangan di 5 etape, yakni SS2, SS3, SS5, SS6 dan SS8.

Pembalap dan navigator Toyota GR Yaris AP4 (KabarOto)

Kejurnas Rally Seri ke-2 sendiri akan digelar di Danau Toba 23 hingga 25 September 2022 ini, berbarengan jadwal Kejuaraan Reli Asia-Pasifik (APRC). Sementara seri 3 dan 4 digelar di Muara Bungo 22 dan 23 Oktober 2022.

Untuk Kejurnas Sprint Rally, Seri 4 akan digelar di Muara Bungo, 21 Oktober 2022 dan seri 5 di Jawa Barat, 27 November 2022.