POPULAR STORIES

TGRI Raih Juara Pertama Kelas M1 Kejurnas Sprint Rally 2022 Putaran Ke-3

TGRI Raih Juara Pertama Kelas M1 Kejurnas Sprint Rally 2022 Putaran ke-3 Toyota GR Yaris AP4 (Foto: Toyota)

KabarOto.com - Kepiawaian dan teknik Ryan Nirwan dengan navigator Adi Indiarto menggeber Toyota GR Yaris AP4 berbuah manis. Toyota GAZOO Racing Indonesia (TGRI) berhasil meraih juara pertama kelas M1 (sedan 4 wheel-drive) kategori A Kejurnas Sprint Rally 2022 seri ke-3 di Sirkuit Central Park Meikarta, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (20/8) hingga Minggu (21/8).

GR Yaris AP4 TGRI melesat dengan cepat sejak titik start. Di hari Sabtu (20/8), tim TGRI berhasil mencatatkan waktu tercepat 03:28.7 pada Special Stage 1 (SS1) dan 03:22.7 pada Special Stage 2 (SS2). Hasil positif ini berlanjut ke hari Minggu (21/8), ketika GR Yaris AP4 berhasil mencatatkan waktu tercepat 03:25.6 di SS3 dan 03:23.2 di SS4.

Baca Juga : Toyota Yaris GR Sport: Sporty Di Jalan Raya, Juara Di Sirkuit

Untuk diketahui, kode AP4 di belakang nama GR Yaris mengacu pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4). Di kelas ini, tim balap dapat melakukan modifikasi untuk membuat mobil lebih ringan, namun komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan. Berat minimum untuk kategori AP4 dibatasi tidak boleh kurang dari 1.230 kilogram.

Podium juara Kejurnas Sprint Rally 2022 putaran ke-3

GR Yaris AP4 juga dilengkapi aero kit untuk mengalirkan udara dengan baik sekaligus meningkatkan downforce. Suspensi depan dan belakang dimodifikasi sesuai kebutuhan supaya andal di segala kondisi jalan. Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara.

Baca Juga : Toyota GR Yaris AP4 Berjaya Di Kompetisi Reli Nasional Dan Internasional

Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang. Hasilnya, GR Yaris AP4 tampil mendominasi di track sprint rally yang menuntut ketangkasan mobil balap di lintasan pendek.

Bermodalkan basis GR Yaris yang sudah terkenal tangguh di balap rally, diperkuat oleh skill dan experience engineer TGRI dalam menemukan performa terbaik hot hatchback tersebut.