POPULAR STORIES

Toyota GR Yaris AP4 Berjaya Di Kompetisi Reli Nasional Dan Internasional

Toyota GR Yaris AP4 Berjaya di Kompetisi Reli Nasional dan Internasional Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Toyota GR Yaris AP4 sempat dipertunjukkan secara langsung ke masyarakat pada awal-awal GIIAS 2022. Mobil hasil homologasi WRC itu tidak hanya menarik dari segi tampilannya, melainkan prestasinya juga.

Teranyar, GR yaris dengan regulasi AP4 (Asia-Pacific 4WD), membawa pasangan pereli TGRI Ryan Nirwan,dan navigator Adi Indiarto memimpin di Kejurnas Rally Indonesia 2022.

Baca juga: Toyota Yaris GR Sport Spesifikasi ISSOM Melantai Di GIIAS 2022

Setelah sebelumnya berhasil meraih podium pertama Overall di kejuaraan nasional (Kejurnas) Sprint Rally 2022 di Malang, Jawa Timur, tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) kembali menuai kesuksesan dengan meraih juara pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (5-7/8) lalu.

Tidak hanya di balap nasional, jejaknya di ajang Internasional sekelas WRC pun sama manisnya, setelah keberhasilan Toyota Gazoo Racing meraih gelar juara umum pembalap, dan konstruktor di tahun 2021 lalu.

Baca juga: Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris AP4 Yang Berlaga Di Kejurnas Rally Indonesia 2022

Seperti diingatkan diawal, DNA motorsport diturunkan kepada GR Yaris karena sejatinya memang mobil ini dibuat untuk memenuhi homologasi sebagai syarat berlaga di WRC. Diciptakan mulai dari nol menggunakan metode reverse engineering, GR Yaris hadir sebagai kendaraan perkotaan yang asyik dikendarai dengan handling, dan performa khas mobil reli.

“Mobil ini telah memperoleh pengembangan teknis yang membuatnya lebih ringan dengan adanya pengurangan bobot di beberapa area, lebih aerodinamis dengan penyematan body kit yang gagah dan fungsional, serta lebih responsif berkat sentuhan pada mesin dan transmisi all wheel drive (AWD),” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Tentunya ada perbedaan mendasar pada mobil ini, seperti bodi kit lebih agresif, terlihat dari fender lebih lebar, serta sayap super besar di belakang. Lalu kaki-kaki juga punya jarak suspensi lebih tinggi, dengan pelek, dan rem sesuai regulasi AP4.

Begitu juga bagian dalamnya pun hampir semua bagian asli mobil dilepas. Demi memasang rollcage sebagai pelindung utama jika mobil terbalik, jok balap khusus membuat pengemudi, dan navigator nyaman, dan fokus selama balapan. Desain dasbor polos memberikan visibilitas maksimal, dan sebagainya.