Toyota Yaris GR Sport Spesifikasi ISSOM Melantai Di GIIAS 2022

Toyota Yaris GR Sport Spesifikasi ISSOM Melantai di GIIAS 2022 Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Toyota hadir dengan kemasan berbeda di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mereka memisahkan booth jadi dua bagian, dengan line up Gazoo Racing mendapat tempat spesial.

Selain menawarkan line up unggulan seperti GR Sport dan mobil baru seperti GR86, dan GR Supra. Mereka juga memajang mobil kompetisi contohnya GR Yaris AP4 dan Yaris GR Sport ISSOM.

Mobil Yaris GR Sport ISSOM ini digeber oleh pembalap nasional Demas Agil. Tentunya Yaris ini tidak dibiarkan dalam kondisi standar, sudah banyak penyesuai dan modifikasi agar bisa bersaing di kelas ITCR Max.

Baca juga: Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris AP4 Yang Berlaga Di Kejurnas Rally Indonesia 2022

Dari bagian eksterior, TGR Indonesia mempertahankan bodykit orisinal, dengan beberapa penyesuaian seperti foglamp dihilangkan dan digantikan sebagai fungsi air scoop. Lalu bagian kap mesin diberi spacer agar bagian belakang sedikit naik, serta kap mesin sudah pakai hood pin demi memudahkan pembukaan kap mesin saat balapan

Selanjutnya bagian kaki-kaki juga dimodifikasi menggunakan coilover untuk mengejar stabilitas saat di sirkuit. Serta sistem pengereman sudah mengaplikasikan big brake kit (BBK) 4 pot lansiran AP Racing. Dipasangkan pelek model TRD TTI warna putih ukuran 15 inci, dibalut ban Champiro SX-R ukuran 195/50 R15.

Baca juga: Hadir Di GIIAS 2022, Toyota BZ4X Debut Di Asia Tenggara

Lalu melihat bagian dalam, memang KabarOto tidak bisa akses untuk melihat lebih jelas di kabin. Namun diketahui hampir semua bagian dipangkas habis demi mengurangi bobotnya. Hanya menyisakan dasbor, doortrim pintu depan, rollcage sebagai standar keamanan, dan sebuah jok GR model bucket berikut harness enam titik.

Beberapa ubahan lain juga dilakukan misalnya setir racing, serta data logger yang mencatat waktu di setiap sesi balapan. Jantung mekanisnya Yaris ini masih mengandalkan 2NR-FE 4 silinder DOHC Dual-VVTi berkapasitas 1.496 cc, tenaga maksimal standarnya 107 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada 4.200 rpm. Namun dengan modifikasi dan penyesuain sedemikian rupa, tenaganya pasti sudah meningkat dratis walau tidak diberi tahu berapa angkanya.

Berbagai prestasi pun telah dicapai mobil ini, salah satunya jadi juara nasional kelas ITCR Max tahun lalu. Sementara tahun 2022, Yaris tunggangan Demas Agil tersebut sudah naik dua kali podium di kelas yang sama.