POPULAR STORIES

Kisah Singkat Karir Akio Toyoda Di Toyota Motor Corporation

Kisah Singkat Karir Akio Toyoda di Toyota Motor Corporation Foto: Toyota Global

KabarOto.com - Hari ini (26/01) dikejutkan dengan berita akan mundurnya Akio Toyoda sebagai CEO dan Presiden Toyota Motor Corporation (TMC). KabarOto coba mengulas kisah singkat dirinya di dunia otomotif dan karirnya di Toyota.

Akio Toyoda lahir pada tanggal 3 Mei 1956. Ia lulus dari Universitas Keio dengan gelar sarjana hukum pada April 1979, dan kemudian dari Babson College di Amerika Serikat, dengan gelar master dalam administrasi bisnis pada 1982. Ia bergabung dengan Toyota Motor Corporation (TMC) pada April 1984.

Baca juga: Akio Toyota Akan Mundur Dari Jabatan CEO Dan Presiden Toyota Motor Corporation

Akio Toyoda menghadirkan 15 konsep mobil listrik yang menggambarkan masa depan dari Toyota dan Lexus

Karier Akio Toyoda mencakup penempatan di setiap fase operasi otomotif, termasuk produksi, pemasaran, dan pengembangan produk, baik di Jepang maupun internasional. Di luar Jepang, ia menjabat sebagai wakil presiden eksekutif dan anggota dewan di New United Motor Manufacturing, Inc. (NUMMI), usaha patungan produksi Toyota dengan General Motors di California, Amerika Serikat, mulai April 1998.

Januari 2000, kembali ke Jepang dan diangkat menjadi Dewan Direksi TMC pada bulan Juni. Dalam kapasitas itu, ia mengambil alih pembuatan dan pengawasan gazoo.com, sebuah situs web yang berisi puluhan toko virtual untuk barang, jasa konsumen juga menyediakan informasi tentang kendaraan baru dan bekas.

Baca juga: Toyota GR Yaris Rally1 Tercepat Di Reli Swedia 2022, Akio Toyoda Beri Selamat

Juga selama ini, dia mengawasi operasi pemasaran domestik, operasi di Amerika Serikat, dan konsultasi manajemen produksi. Pada bulan Juni 2001, Akio Toyoda menjadi chief officer Asia & China Operations Center, dan kemudian pada bulan Juni 2002, beliau menjabat sebagai direktur pelaksana.

Pada Juni 2003, ia diangkat sebagai direktur pelaksana senior. Kemudian pada Januari 2005, ia menjadi chief officer dari China Operations Group dan Asia, Oceania & Grup Operasi Timur Tengah.

Pada bulan Juni 2005, dia menjadi wakil presiden eksekutif dan direktur perwakilan, di mana Akio Toyoda bertanggung jawab atas IT & ITS, kualitas, manajemen produk, pembelian, penjualan Jepang dan luar negeri, dan operasi luar negeri. Pada Juni 2009, Akio Toyoda mulai mengisi jabatan barunya yang paling tinggi menjadi presiden TMC.