POPULAR STORIES

Toyota GR Yaris Rally1 Tercepat Di Reli Swedia 2022, Akio Toyoda Beri Selamat

Toyota GR Yaris Rally1 Tercepat di Reli Swedia 2022, Akio Toyoda Beri Selamat Yaris GR Rally1. Sumber Foto : WRC & Toyota Gazoo Racing

KabarOto.com – Usai menang dari ajang World Rally Championship (WRC) Swedia 2022, Akio Toyoda selaku Presiden Toyota memberikan selamat kepada Kalle Rovanpera dan pihak tim.

Ajang Reli Swedia 2022 berbuah manis untuk tim Toyota Gazoo Racing. Tim ini menjadi yang tercepat usai berduel sengit dengan para rivalnya.

Baca Juga : WRC Swedia 2022: 2 Pereli Toyota Kuasai Podium

Perayaan kemenangan Toyota di Reli Swedia 2022

Pada ajang Reli Monte Carlo, pihak Toyota dikejutkan dengan performa apik dari tim M-Sport Ford yang meraih kemenangan bersama Sebastian Loeb. Menghadapi Reli Swedia yang memiliki medan bersalju, Toyota memiliki target tinggi dan sukses meraih target tersebut.

Dua pereli pabrikan asal Jepang itu sukses naik podium, dengan Esapekka Lappi finis ketiga dan Kalle Rovanpera menduduki posisi pertama. Sementara, Thierry Neuville (Hyundai Motorsport) finis kedua.

“Saya sangat senang bisa memenangkan reli di Swedia. Saya bersaing ketat sepanjang akhir pekan lalu. Hasil ini sangat memuaskan, mengingat saya yang membuka jalur pada Jumat. Sangat kecewa karena saya sempat gagal finis. Tetapi, saya bisa membayar kesalahan tersebut. Saya berterima kasih kepada semua kru yang telah bekerja keras meningkatkan performa mobil, serta membuatnya lebih mudah dikendarai,” ungkap Kalle Rovanpera.

Baca Juga : Bakal Dipakai Kijang Innova, Ini Keunggulan Teknologi Hybrid Toyota

Akio Toyoda

Kini, Toyota Gazoo Racing juga memuncaki klasemen manufaktur dengan koleksi 83 poin. M-Sport harus rela turun peringkat kedua, sementara Hyundai di posisi ketiga. Begitu pula dengan posisi Rovanpera yang naik ke puncak klasemen sementara, menggeser Sebastian Loeb yang tidak ambil bagian di Reli Swedia.

Melihat hasil tersebut, ucapan selamat datang dari Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda. Dirinya merasa puas timnya mampu berkembang dan melihat Toyota GR Yaris Rally1 sanggup menaklukan trek bersalju.

“Selamat untuk Kalle dan Jonne Halttunen (Navigator). Terima kasih telah memberikan kemenangan perdana untuk Yaris GR Rally1 di WRC. Di reli bersalju seperti ini, kami setiap tahunnya memperlihatkan perkembangan. Dua tahun lalu kami finis di posisi ketiga, kemudian musim lalu kami meraih posisi kedua dan sekarang mencatatkan kemenangan. Ini adalah gaya Toyota dalam meraih kemenangan. Bagi kami, jalanan bersalju sudah seperti home course bagi kami,” ungkap Akio Toyoda.