POPULAR STORIES

Bakal Dipakai Kijang Innova, Ini Keunggulan Teknologi Hybrid Toyota

Bakal Dipakai Kijang Innova, Ini Keunggulan Teknologi Hybrid Toyota Toyota Kijang Innova yang dipasarkan di Indonesia (Dok: Toyota)

KabarOto.com – Toyota Kijang Innova dikabarkan akan dibekali teknologi hybrid. Unit tersebut akan diproduksi di Indonesia dan akan diluncurkan tahun ini.

Kabar tersebut juga diungkapkan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Dan, beredarnya foto mobil yang diduga Toyota Kijang Innova Hybrid yang tengah melakukan pengujian di Thailand.

Foto ini diunggah di grup Facebook Veloz Club Thailand, yang pada awalnya diduga mirip dengan Daihatsu Xenia oleh salah satu warganet Thailand.

Baca juga: Pemilik Toyota BZ4X Di Amerika Serikat Bisa Isi Daya Listrik Gratis

Mobil diduga Toyota Kijang Innova Hybrid (Foto: istimewa)

Terkait teknologi hybrid, Toyota bukan pemain baru, pasalnya sudah banyak produk yang dipasarkan menggunakan teknologi ini, seperti di Indonesia. Sebagai informasi, mobil hybrid Toyota menggunakan sistem yang diberi nama Hybrid Synergi Drive (HSD).

Sistem hybrid ini terdiri dari beberapa komponen utama, seperti mesin bakar, baterai hybrid, motor listrik, Power Control Unit, dan Power Split Device (PSD) yang menggunakan girboks khusus bertugas membagi distribusi tenaga dari motor bakar dan motor listrik.

Baca juga: Beli Toyota Yaris GR Sport GT7, Bonus PlayStation 5!

Hybrid Synergi Drive (HSD).

Kombinasi tersebut diklaim membuat konsumsi BBM jadi lebih irit. Secara sederhana, motor bakar tidak akan aktif ketika mobil berhenti, seperti di lampu merah, selama kapasitas baterai belum waktunya diisi ulang. Saat mulai akselerasi, motor elektrik masih memegang peran untuk menjalankan mobil hingga kecepatan tertentu.

Ketika akselerasi penuh atau menghadapi beban berat seperti jalan menanjak, secara otomatis motor bakar dan motor listrik menyalurkan tenaga seoptimal mungkin. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar tak terlalu banyak. Saat melaju dengan kecepatan konstan di jalan tol, kedua motor penggerak bersinergi menggerakkan roda. Bila tenaga dari motor listrik dirasa berlebih, akan disalurkan untuk mengisi daya baterai.

Sistem hybrid ini juga punya sistem pengereman regeneratif. Saat pengereman, motor listrik dialihfungsikan untuk membangkitkan tenaga listrik dari tenaga kinetik rem guna mengisi daya baterai.