POPULAR STORIES

WRC Swedia 2022: 2 Pereli Toyota Kuasai Podium

WRC Swedia 2022: 2 Pereli Toyota Kuasai Podium Foto: Toyota Gazoo Racing

KabarOto.com - Toyota Gazoo Racing World Rally Team berhasil amankan podium 1-3 di reli Swedia pada hari ketiga, Minggu (27/2). Kalle Rovanperä yang memang sejak hari kedua unggul, berhasil menang naik podium pertama. Sedangkan Esapekka Lappi amankan posisi tiga.

Sayangnya, Elfyn Evans (Toyota Gazoo Racing World Rally Team) yang pada hari kedua menjadi pereli tercepat kedua, pada hari ketiga harus tersingkir dari persaingan di pembukaan SS16. Toyota GR Yaris Rally1 bernomor 33 tersebut mengalami insiden menghantam gundukan salju, membuat bagian depan rusak.

Baca juga: Ini Target Hyundai Motorsport Hadapi WRC 2022

Thierry Neuville dan navigator Martijn Wydaeghe amankan podium untuk Hyundai



Tersingkirnya Evans menjadi peluang besar Thierry Neuville (Hyundai Shell Mobis World Rally Team) mengamankan posisi podium dua hingga SS19. Meski Hyundai i20 N Rally1 terpaut hingga 22 detik.

"Sangat mengecewakan buat saya akan reli kali ini. Padahal semuanya tak ada masalah di stage pembuka. Tapi saat menikung kiri panjang kehilangan cengkeraman belakang dan sayangnya tak bisa terkendali, sehingga mobil berputar pada kecepatan tinggi," papar Evans.

Dirinya mengungkapkan telah juga melakukan perbaikan, tapi sistem hybridnya berpengaruh. "Tak menyenangkan ada musibah ini dan menjadi catatan buruk, kita akan fokus di seri berikutnya dan meraih sebaik mungkin di sana," tekad pereli berbendera Inggris ini.

Elfyn Evans alami insiden di SS16 pembuka hari ketiga



Adapun podium yang diperoleh Thierry di Swedia sebagai pelipur seri sebelumnya di Monte-Carlo hanya finis posisi enam. "Puas rasanya bisa dapat podium di Swedia, pertama bagi kami di era hybrid," kata pereli asal Belgia ini.

Thierry mengungkapkan bahwa hasil tak diduga setelah sempat mengecewakan di reli Monte-Carlo. "Ini adalah hasil kerja keras tim. Terima kasih kepada semua para ahli di Jerman telah mewujudkannya," pungkasnya.

Jari-Matti Latvala sebagai Team Principal Toyota Gazoo Racing World Rally Team menyakini sempat khawatir Kalle menjadi yang pertama menginjak lintasan. "Tapi dirinya bisa bahkan sangat baik dan kecepatannya sangat impresif," ujar Jari-Matti.


Jari-Matti Latvala (pegang piala) foto bersama di podium WRC Swedia 2022



Mantan pereli asal Finlandia (Tahun 2002-2020) bangga Kalle bisa mengantarkan kemenangan pertama Toyota GR Yaris Rally1 dan pekerjaan tim tak sia-sia. Apa yang terjadi dengan Evans sangat disayangkan. Tapi ada Esapekka bisa mengamankan podium setelah kembali lagi ikut reli menjadi tambahan poin penting di klasemen.

Sementara itu Kalle Rovanperä yang memenangkan reli Swedia mengakui peta persaingan sangat ketat hingga stage akhir. Apalagi dirinya menjadi yang pertama sebagai mobil pembuka pada hari Jumat (25/2).

Kalle Rovanperä

Penggeber GR Yaris Rally1 bernomnor 69 ini mengungkapkan setelah hasil kurang memuaskan di Monte-Carlo dan bisa menang di Swedia menjadi bekal kepercayaan diri hadapi seri berikutnya. "Terinma kasih kepada seluruh tim, ini adalah kerja besar mereka untuk mengemas mobil siap setiap saat dan nyaman," yakinnya.

Esapekka Lappi mengakui hasil luar biasa bisa kembali lagi naik podium. Adapun pereli Finlandia ini terakhir naik podium tahun 2019 saat masih bersama tim Citroen. "Ini adalah target saja saat memulai pekan reli Swedia, meski saya tahu akan sulit," sahutnya.

Esapekka Lappi



Dirinya mengakui sadar, terpaut 8,6 detik dari Thierry memang sangat tipis. "Saya tak bisa mengejar posisi dua tanpa ada risikonya. Ini adalah awal yang sangat bagus. Berharap lebih akan sangat tak masuk akal. Apalagi kita sudah lama tak reli, sejak Oktober lalu, jadi hasil ini sangat baik," jelas Esapekka.

Baca juga: WRC Swedia 2022 Hari Kedua: 2 Toyota GR Yaris Rally1 Tercepat

Gus Greensmith (M-Sport Ford World Rally Team) di Swedia ini mendapat hasil yang sama seperti di Monte-Carlo yakni finis posisi lima. "Awal musim di dua seri dengan hasil konsisten. Langkah bagus di Monaco dan Swedia ini sangat sulit, jadi dengan hasil dua kali finis posisi lima adalah awal baik," jelasnya.

Gus Greensmith



Di puncak klasemen WRC 2022, Kalle Rovanperä memimpin dengan 46 poin, diikuti Thierry di posisi dua dengan 32 poin. Sedangkan Sebastien Loeb (M-Sport Ford World Rally Team) tergeser ke posisi tiga akibat absen dan lebih ikuti balap offroad listrik, memegang 27 poin.