POPULAR STORIES

WRC Swedia 2022 Hari Kedua: 2 Toyota GR Yaris Rally1 Tercepat

WRC Swedia 2022 Hari Kedua: 2 Toyota GR Yaris Rally1 Tercepat Kalle Rovanperä unggul kala malam hari Foto: WRC

KabarOto.com - Pereli Toyota Gazoo Racing World Rally Team kuasai hari kedua reli Swedia, Sabtu (26/2). Setelah berlangsung 15 Special Stage (SS) dari 19 SS, Kalle Rovanperä dan Elfyn Evans di posisi 1-2, sedangkan Esapekka Lappi di posisi empat.

Toyota GR Yaris Rally1 racikan Toyota Gazoo Racing mampu mengambil alih posisi dari pereli Thierry Neuville (Hyundai Shell Mobis World Rally Team) yang menggeber Hyundai i20 N Rally1. Pada hari pertama, Thierry mampu unggul 4,3 detik. Tapi hari kedua ini di posisi tiga terpaut 21,7 detik.

Baca juga: Toyota GR Yaris Rally1 Meluncur, Siap Hadapi WRC 2022

Kalle Rovanperä



Rovanperä yang membesut GR Yaris Rally1 bernomor 69 mengakui senang bisa unggul setelah lewati stage di kegelapan malam. "Putaran awal memang sedikit kesulitan berbanding rival. Tapi kita bisa membalas di tahapan kedua ini," ujarnya.

Dirinya tak menampik kegembiraan ini masih harus perlu dipertahankan karena terpaut masih kecil jarak ketertinggalannya. "Jadi kita harus berusaha keras pada hari ketiga mulai dari pagi hari," ujar anak dari pereli legendaris 1993 - 2006, Harri "Rovis" Rovanperä.

Elfyn Evans



Sementara itu Evans yang berada di posisi dua mengakui sangat bersenang-senang dengan performa mobil. Berada di posisi dua menurutnya tak terlalu buruk, meski sempat terkendala di beberapa hal kecil.

Evans sangat memuji Kalle mampu melaju sangat bagus, pembalap asal Finlandia tersebut ada sedikit keunggulan di beberapa stage dan bisa mengatur jarak saat malam. "Tapi ini masih ada kesempatan hingga hari ketiga. Kita akan berusaha lakukan yang terbaik dan belum selesai sampai semua selesai," yakin Evans pengguna nomor 33.

Thierry Neuville



Adapun meski berada di posisi tiga saat ini, Thierry masih belum patah semangat. Bahkan dirinya sangat mengincar kemenangan di reli Swedia kali ini. "Tak ada yang menduga kita akan bersaing podium di sini, itu menjadi hal positif. Kita akan membawa pulang besok," tegasnya.

Thierry sempat alami kendala di SS 8 & 11 yang membuat Hyundai i20 N Rally1 enggan melesat kencang. "Tak ada cengkeraman sama sekali, dan ban kebanyakan spin saat start kehilangan 2 detik. Terempas saat pengereman pertama dan kehilangan waktu. Setelah itu, sistem hybrid malah membuat mobil jadi pelan," bebernya.

Baca juga: Ford Puma Rally1 Tenaga Tembus 500 Dk

Gus Greensmith



Sementara itu M-Sport Ford World Rally Team tak bisa berbuat banyak di reli Swedia yang penuh dengan salju. Gus Greensmith yang mengendarai Ford Puma Rally1 hanya bisa bertengger di posisi enam pada hari kedua. Dirinya terpaut 2:48,1 detik.

"Hari ini (Sabtu) secara keseluruhan performanya lebih baik. Senang semuanya berjalan lancar ketika dikendarai. Kita bisa memperbaiki posisi meski ada kendala, tak muluk untuk bisa finis menambah poin kejuaraan," ujar Greensmith.