Update Klasemen Sementara F1 2021, Lewis Hamilton Rebut Posisi Puncak

Update Klasemen Sementara F1 2021, Lewis Hamilton Rebut Posisi Puncak

KabarOto.com – Setelah Sebastian Vettel (Aston Martin) didiskualifikasi usai F1 Hongaria 2021 (1/8), otomatis sembilan pembalap di bawahnya berhak naik satu tingkat. Itu artinya Lewis Hamilton (Mercedes) menempati posisi kedua sehingga poinnya jadi 195 poin sekarang menyusul Max Verstappen (Red Bull).

Sementara Verstappen harus turun ke peringkat dua setelah hanya finis posisi 9 dan hanya menambah dua poin, jadi total 187 poin. Sementara tiga pembalap di bawahnya, yakni Lando Norris (McLaren), Valtteri Bottas (Mercedes) dan Sergio Perez (Red Bull) tidak berubah, karena ketiganya gagal menyelesaikan balapan akibat insiden lap pertama.

Baca Juga : Duh, Sebastian Vettel Didiskualifikasi dari F1 Hungaria

Carlos Sainz (Ferrari) berhasil menyusul rekan setimnya dengan total 83 poin. Sementara Leclerc tetap 80 poin karena ia harus keluar pertandingan lebih awal, akibat tabrakannya dengan pembalap Aston Martin, Lance Stroll.

Pierre Gasly (AlphaTauri) juga mendulang hasil cukup baik dengan finis ke P5 sehingga poinnya naik jadi 50 poin, sama seperti Daniel Ricciardo (McLaren) yang gagal meraih poin karena finis posisi 11. Sementara tampil gamilang pole position membuat Esteban Ocon (Alpine) langsung masuk daftar 10 besar klasemen.

“Rasanya sangat bagus! Luar biasa, apa yang bisa saya katakan? Selamat untuk Fernando juga, saya pikir kemenangan ini juga berkat dia dengan pertarungan yang dia lakukan. Ini kerja tim, ini hari yang fantastis!” ujar Ocon.

Baca Juga : F1 Hungaria Hadirkan Banyak Drama, Esteban Ocon Raih Kemenangan Pertamanya

Sementara itu Williams juga berhasil meraih double poin lewat Nicholas Latifi yang finis posisi 7 dan George Russell posisi 8, ini momen pertama mereka sejak 2018 lalu, membuat Williams langsung naik ke posisi delapan meninggalkan Alfa Romeo dan Haas.

“Ini adalah hari yang emosional. Serius, ini lebih dari sekedar hasil. Ini mungkin tidak tampak seperti permulaan, tetapi begitu banyak pekerjaan yang dilakukan. Melalui semua momen sulit dan nyaris gagal, kami tidak pernah berhenti percaya. Bangga dengan tim ini. Setiap hari,” ujar Russell terharu.