POPULAR STORIES

Klep Mobil Harus Disetel Kembali, Ini Tujuannya

Klep Mobil Harus Disetel Kembali, Ini Tujuannya Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Mesin dengan pembakaran dalam atau Internal Combustion Engine (ICE) pasti punya klep, yang perlu juga dilakukan perawatan atau disetel kembali, tujuannya agar celah klep kembali seperti semula.

Klep atau katup ini bekerja dengan mekanisme hisap dan buang, untuk mengatur masuknya campuran udara, dan bahan bakar ke ruang mesin. Sementara klep buang mengatur gas buang sisa pembakaran di mesin.

Foto tampilan klep di mesin Toyota. Foto : Toyota.

Seiring berjalannya waktu dan mobil bekerja, gesekan demi gesekan membuat klep menjadi aus. Serta celah katup tidak menutup sempurna, maka diperlukan penyetelan kembali.

Baca Juga : Apa Jadinya Jika Pendingin Baterai Toyota Innova Zenix Hybrid Bermasalah?

Penyetelan klep ini juga harus dilakukan oleh teknisi yang ahli, sehingga ukurannya pas. Sebab klep merupakan salah satu komponen vital di bagian mesin.

Umumnya stel klep bisa dilakukan bersamaan dengan servis ganti oli, namun dengan rentang waktu sekitar 20.000 - 30.000 km sekali.

Baca Juga : Begini Model Tapak Ban Mobil Yang Tidak Berisik

"Stel klep mobil itu bukan untuk menaikkan tenaga, tapi mengembalikan tenaga yang sudah ada. Keluar dari pabrik mobil pasti optimal, namun seiring kita pakai pasti mengalami penurunan tenaga. Lalu dengan setel klep tenaga kembali seperti semula,” jelas Yuda Resigama selaku Owner AHT Garage.