POPULAR STORIES

Begini Model Tapak Ban Mobil Yang Tidak Berisik

Begini Model Tapak Ban Mobil Yang Tidak Berisik Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto ingin mengganti ban, dan mau ganti merek atau model, tentu kalian mau ban mobil baru tetap nyaman dan tidak bising di kabin. Lantas bagaimana cara kita mengetahui ban tersebut tidak bisa walau kita tidak mengetesnya? Begini caranya Sob!

Pola alur ban ada bermacam-macam, ada directional, simetris dan asimetris. Jika mau ban yang tidak bising, dan nyaman dipakai harian, tanpa memperdulikan tampilan, ban simetris dan asimetris jadi pilihan tepat.

Contoh pola alur simetris dengan desain tapak rapat.

Pola ban ini mudah dikenali, cukup lihat bagian alur ban, simetris itu biasanya lurus, sementara asimetris itu kombinasi lurus dan sebagian berpola. Jangan pilih alur yang membentuk pola 'V' karena akan lebih bising.

Baca Juga : Kenali Rolling Resistance Atau Hambatan Gulir Pada Ban Kendaraan Sobat

Lalu pilih pola alurnya rapat, sebab penyebab suara bising dari ban itu karena udara terjebak ketika ban bergulir di jalan.

Desain ban dengan tapak lebar akan lebih bising, saat di jalan raya.

Baca Juga : Kenali Jenis Sekring Dan Spesifikasinya Yuk!

"Suara yang dihasilkan ketika ban bergulir di jalan adalah udara yang terperangkap di alur ban, jadi semakin besar alur ban, dan volume udara yang terperangkap, maka makin berisik," jelas Andreas Sendie, Area Sales Manager & Training Specialist Goodyear Indonesia.