KMWI Gunakan Fitur Smartdasbor Pada E-AMMDes

KMWI Gunakan Fitur Smartdasbor Pada e-AMMDes Interior e-AMMDes (KO/Edo)

KabarOto.com - Kementrian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus memberikan dukungan nyata dalam program pengembangan e-AMMDes. Salah satunya, terhadap upaya pengoptimalan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Alat transportasi serba guna

"AMMDes-nya sendiri telah memiliki tingkat kandungan komponen lokal yang cukup tinggi, dengan mencapai 70%," ungkap Putu Juli Ardika Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin.

Baca Juga: Serunya Menjajal Mobil Serbaguna AMMDes Bertenaga Listrik

Sama seperti AMMDes bermesin konvensional, sebagai alat kerja yang multiguna, e-AMMDes juga dirancang dengan fungsi beragam, misalnya menjadi alat transportasi untuk mobilisasi hasil pertanian dari desa ke kota, serta fungsi alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan ekonomi di pedesaan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Menggunakan smartphone sebagai pemberi informasi

Sebagai pengembangan produk, Presiden Direktur PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto menyampaikan, e-AMMDes akan dilengkapi dengan aplikasi Smartdasbor, yang berfungsi menampilkan aneka informasi kepada orang yang mengoperasikannya.

"Informasi yang ditampilkan itu antara lain kecepatan, jarak tempuh, status baterai, dan status motor. Smartdasbor juga berfungsi sebagai pengaman e-AMMDes," sebutnya. Menariknya, tanpa Smartdasbor terpasang, e-AMMDes tidak akan dapat dioperasikan.

Dilengkapi panel listrik untuk berbagai keperluan

Smartdasbor sendiri dibangun dari smartphone, sehingga memiliki fungsi ganda. "Ketika tidak terpasang di e-AMMDes, Smartdasbor akan memiliki fungsi seperti smartphone," jelasnya.

Baca Juga: AMMdes Akan Dikembangkan Lagi, Bisa Melintas Di Jalan Aspal

Kemudian, apabila terpasang di e-AMMDes, sebagian fungsi smartphone-nya masih dapat digunakan, seperti internet dan peta, dan disesuaikan pula dengan peraturan berkendara yang berlaku.

"Smartdasbor dengan dual functions ini juga dapat digunakan untuk penerapan Internet of Things pada e-AMMDes. Beragam fungsi dan sistem dapat ditambahkan pada e-AMMDes dengan Smartdasbornya," tandasnya.