Knalpot Mobil Ternyata Ada Usia Pakainya Loh

Knalpot Mobil Ternyata Ada Usia Pakainya Loh Ilustrasi knalpot mobil (HKS)

KabarOto.com - Mungkin sobat kabarOto pernah mengalami kejadian, saat sedang enak-enak mengemudi, tidak disangka knalpot mobil standar tiba-tiba mengeluarkan suara menggelegar yang sangat menggangu.

Hal itu kemungkinan besar disebabkan oleh muffler yang mengalami kerusakan di bagian saringan, sehingga menjadi jebol. "Biasanya disebabkan oleh faktor usia pemakaian," ujar Darto dari Dart Racing.

Baca juga: Penasaran? Roof Tent Bisa Dipesan Di Bandung Dan Yogyakarta Loh

Lebih lanjut Darto mengatakan, bahwa muffler sama seperti komponen mobil lainnya yang memiliki usia pakai. "Kalau muffler biasanya 2 tahun keatas udah mulai timbul masalah, entah bocor halus atau sebagainya," jelas Darto.

Muffler/knalpot yang sudah keropos

Pria ramah itu juga menjelaskan, kalau mobil jarang dipakai juga berpotensi membuat umur muffler semakin singkat.

"Biasanya kalau jarang dipakai ada air atau embun yang mengendap. Itu bisa hilang kalau mobil dijalankan," kata Pria yang sudah belasan tahun menggeluti jasa spesialis knalpot tersebut.

Mengerjakan knalpot mobil dari segala usia

Nah bagi yang memiliki masalah dengan sistem pembuangan, Darto yang bermarkas di kawasan Pekayon, Bekasi Barat ini menyediakan berbagai muffler untuk segala jenis mobil.

Menyediakan berbagai macam knalpot

"Harganya bervariasai, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Disini kita bisa menyediakan muffler segala jenis mobil baik jepang maupun Eropa," ucap Darto. Menariknya, ia juga menyediakan knalpot racing untuk konsumen yang ingin suara mobilnya lebih ngebas.

Tak hanya itu, Dart Racing juga menyediakan layanan perbaikan atau modifikasi header. Untuk mobil 4 silinder biayanya mulai dari Rp 800 ribu, kalau 6 silinder mencapai Rp 4 juta "Bahannya monel yang punya kualitas lebih baik dari stainless. Kalo stainless gampang pecah," pungkas Darto.

Pembuatan header

Asyiknya lagi, bagi yang suka modifikasi bergaya off-road, Darto juga menyanggupi permintaan bumper custom berbahan metal. "Model tergantung si pemesan. Biasanya ada yang bawa gambar nanti kita kerjakan sesuai keinginan," tutur pria asal Purbalingga itu.

Baca juga: Tukar Tambah Aki, Yang Bekas Diapakan, Sih?

Untuk Toyota Fortuner misalnya, bumper custom depan belakang dikenakan biaya Rp 7 juta, sedangkan Suzuki Katana depan belakang Rp 4,5 juta. "Pengerjaan dijamin rapih, saat ini yang pemesanannya lagi banyak untuk Chevrolet Trail Blazer," tutup Darto.