POPULAR STORIES

Tukar Tambah Aki, Yang Bekas Diapakan, Sih?

Tukar Tambah Aki, Yang Bekas Diapakan, Sih? Foto: Kipli

KabarOto.com - Accu atau yang lebih kita kenal dengan sebutan aki, punya umur atau masa pakai tertentu. Jika elemen didalamnya sudah melemah, maka aki harus diganti dengan yang baru tak peduli jenis aki basah atau kering.

"Keaweten aki basah atau kering sama saja, bedanya hanya di perawatan, kalau aki basah harus rajin lihat level air, kalau aki kering tak perlu perawatan khusus," buka Iwan, pemilik toko Suka Hati Battery yang berlokasi di Pamulang Permai 2, Tangerang Selatan.

Dalam beberapa kasus, memang aki yang melemah masih dapat di charge atau pengisian daya ulang di gerai-gerai aki seperti milik Iwan, "Namun jika aki sudah lemah dan tetap saja tak berfungsi setelah di charge, memang harus diganti dengan yang baru," imbuhnya.

Baca Juga: 10 Langkah Simpel Merawat Motor Saat Musim Hujan

Nah, beberapa toko aki seperti milik Iwan juga menawarkan opsi tukar tambah atau trade-in aki lama Sobat Kabaroto dengan aki baru. Relatif ekonomis karena tak perlu menumpuk aki dirumah, selain itu aki bekas kita pun dihargai dengan sejumlah nominal yang bisa kita gunakan untuk membeli aki baru.

Lantas aki bekas tersebut diapakan? "kita timbang pada pengepul, karena aki zaman sekarang sudah tak bisa diperbaiki seperti aki zaman dulu," bebernya.

"Dahulu masih ada yang jual cell/ sel aki, namun zaman sekarang sudah hampir tidak ada. material packagingnya pun beda, aki zaman dahulu pakai bonit, sekarang sepertinya sudah tidak bisa diutak-atik," imbuh pemukim kawasan Pamulang II, Tangerang Selatan itu.

Nah, bagi Sobat Kabaroto yang habis mudik, coba dicek dahulu kondisi akinya, pastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima, ya!