10 Langkah Simpel Merawat Motor Saat Musim Hujan

10 Langkah Simpel Merawat Motor saat  Musim Hujan Tips untuk motor saat musim hujan (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Anomali cuaca, yakni terkadang hujan terkadang panas dan hujan lagi, membuat pengendara sepeda motor wajib melakukan perawatan ekstra. Selain bagian jeroan mesin, yang kemungkinan tersiram air hujan, bagian bodi pun harus turut dirawat.

Contohnya, jika Anda membiarkan air hujan menempel di bodi sepeda motor dalam jangka waktu lama, bukan tak mungkin hal itu dapat merusak warna cat.

Baca Juga: Ini Indikasi Rem Cakram Minta 'Jajan'

Seperti dikatakan Budi, pemilik bengkel JMS, Jakarta Barat (9/4/2018). Sebagai pemilik kendaraan, terutama sepeda motor, perawatan yang tepat saat musim hujan adalah hal yang krusial agar motor selalu dalam performa terbaik. Berikut ini 10 tips sederhana yang perlu diketahui merawat motor ketika musim hujan:

Cuci Motor

Upayakan mencuci sepeda motor setelah diguyur air hujan. Karena kandungan zat asam pada air hujan berpotensi mengurangi kilau pada cat. Meski tak ada waktu lakukan dengan cara hanya sekadar mengguyur seluruh bodi dan bagian-bagian penting lainnya.

Mengguyur motor yang terkena air hujan dengan air bersih baik untuk menjaga penampilan motor Anda. Hal itu juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya korosi (karat).

Ban

Ada baiknya setelah Anda menerobos genangan air hujan, periksa tekanan udara dalam ban Anda. Jika tekanan ban kurang, permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak. Akibatnya tarikan motor menjadi berat dan justru mempercepat ban motor Anda menjadi tipis atau gundul.