Koenigsegg CCXR Edition Merupakan Masterpiece Asal Swedia

Koenigsegg CCXR Edition Merupakan Masterpiece Asal Swedia

KabarOto.com – Pada 2008 silam di Geneva Motor Show, Koenigsegg Automotive AB merilis hypercar paling bertenaga kala itu, hanya diciptakan sebanyak 6 unit. Koenigsegg CCXR Edition dibuat untuk memecahkan rekor dan memberikan performa maksimal baik di trek, jalur lurus ataupun belokan.

Pada saat peluncurannya, tidak ada supercar lain yang bisa menandingi CCXR Edition dalam hal rasio power-to-weight, keseimbangan aerodinamis, downforce, dan kekakuan sasis. Bodinya sendiri dibuat seringan mungkin menggunakan material karbon kevlar.

Oh iya Sob, nama CCX sendiri merupakan kepanjangan dari Competition Coupe X, adapun X merupakan pengangkaan Romawi yang berarti 10. Adapun CCX ini menjadi bagian sejarah perayaan 10 tahun mobil konsep pertama Koenigsegg yang diperkenalkan tahun 1996.

Baca juga: Koenigsegg Regera Yang Nilai Modifikasinya Saja Rp 3 Miliar, Dilelang!

Dimensi keseluruhan mobil asal Swedia ini memiliki panjang 4.293 mm, lalu lebar 1.996 mm, tinggi 1.114 mm, dan ground clearance hanya 100 mm. Walau memiliki bodi penjang dan lebar, namun berat keringnya hanya sekitar 1.280 kg atau sama seperti sebuah Toyota Raize. Memiliki kapasitas bahan bakar 70 liter dengan konsumsi sekitar 5,5 kpl

Suspensi depan dan belakang menggunakan Double wishbones, lalu shock breker gas-hidrolik VPS dua arah yang dapat disetel, dioperasikan dengan pushrod. Ketinggian juga dapat disesuaikan secara elektronik.

Dipadukan dengan pelek Koenigsegg multi palang forged sehingga jauh lebih ringan, dengan penguncian tengah. Depan ukurannya 19 inci lebar 9,5 sementara belakang 20 inci lebar 12,5. Dibalut ban performa tinggi Michelin Pilot Sport 2.

Di balik pelek, ada rem depan cakram keramik berventilasi ukuran 380 mm, lebar 34 mm. berikut kaliper monoblock Brembo alloy ringan delapan piston. Sementara rem belakangnya cakram keramik berventilasi ukuran 362 mm, adapun kalipernya didukung AP Racing enam piston untuk mengendalikan performa buasnya.

Koenigsegg CCXR Edition menggunakan mesin Koenigsegg flexfuel twin-supercharged 4.800 cc, supercharger menggunakan sentrifugal Rotrex ganda dengan tekanan boost 1,6 bar. Mesinnya sanggup menghasilkan tenaga puncak 1.018 dk dan torsi maksimum 1.080 Nm, disambung ke transmisi enam percepatan transversal.

Baca juga: Rilis Teaser, Koenigsegg Ungkap Calon Hypercar Terbarunya

Kombinasi ini menghasilkan akselerasi 0-100 kpj hanya dalam 2,9 detik, lalu 0-200 kpj tembus 8,75 detik. Dengan kecepatan tertingginya adalah 400 kpj lebih.

Di bagian dalam, walau tidak secanggih mobil sekarang namun kala itu CCXR sudah dilengkapi kamera belakang, DVD, CD, koneksi I-pod, radio satelit, kontrol iklim, sistem peringatan dan info digital, sensor G, alarm, sistem pemantauan ban, sebagai bawaan standar.

Berita Terkait

Berita Terkait