Kolaborasi VinFast Dan Pininfarina Lahirkan Dua Mobil Vietnam

Kolaborasi VinFast dan Pininfarina Lahirkan Dua Mobil Vietnam Kolaborasi VinFast dan Pininfarina Lahirkan Dua Mobil Vietnam (Autocar)

KabarOto.com - Pabrikan otomotif anyar asal Vietnam, VinFast bersama dengan rumah desain mobil asal Italia, Pininfarina akhirnya memperkenalkan 2 mobil pertama hasil kolaborasi mereka.

Kedua mobil ini dihadirkan dalam bentuk Sedan dan SUV. Rencananya kedua mobil ini akan diluncurkan di ajang Paris Motor Show 2018.

Menurut laman Autocar, kedua mobil ini dibuat dengan menggunakan platform dasar dari BMW. Pada mobil sedannya diduga menggunakan platform dari BMW Seri 5, sedangkan model SUV-nya menggunakan platform dari BMW X5 SUV.

Kedua mobil yang belum diketahui namanya ini dibuat berdasarkan voting masyarakat Vietnam. VinFast memang mengikutsertakan masyarakat Vietnam dalam pemilihan desain kedua mobil ini.

Seperti dilansir Carscoops, lebih dari 62.000 orang Vietnam memilih 20 desain yang diajukkan oleh 4 rumah desain mobil Italia. Dan yang menjadi pemenangnya adalah sketsa dari rumah desain ItalDesign, namun untuk mengembangan lebih lanjut dan penyelesaiannya dipercayakan kepada Pininfarina.

Baca Juga: Test Drive DFSK Glory 580: Eksterior Memesona Dengan Fitur Menarik

Kedua mobil ini dikembangkan berdasarkan rasio ukuran ideal dari industri mobil internasional. Mulai dari fondasi struktural klasik, desaner VinFast dan Pininfarina telah berhasil membangun wheelbase yang stabil, tekstur yang halus dan sangat mengispirasi.

(Baca Juga : Toyota dan Suzuki Kerjasama Kembangkan Mobil Listrik dan Hybrid)

Hal ini juga dipertegas dengan pernyataan David Lyon, Direktur Desain VinFast dengan mengatakan. "Fisiknya menonjol dengan garis-garis yang mewah dan detail yang sangat indah yang membuat VinFast memiliki perbedaan besar dengan simbol V unik, yang mewakili Vietnam serta Vingroup. Kami dan Pininfarina telah menyempurnakan setiap garis untuk mematikan bahwa baik sedan dan SUV menyampaikan keindahan alam serta sifat terbuka, dinamis dari negara dan masyarakat Vietnam, melalui bahasa desain tingkat internasional."

Dilabel sebagai produk premiun pada bagian depan desainnya, kedua model ini membawa sentuhan gaya dari Pininfarina. Pada model sedannya terlihat mengesankan dengan kap panjang dan profil depan persegi.

Desain terlihat lebih unik berkat sepasang lampu depan tipis, intake besar dan gril depan yang unik dengan strip krom yang membentuk lambang VinFast. Sementara untuk SUV-nya dihadirkan dengan desain yang sama namun dalam ukuran yang besar.

Pada bagian interiornya, roda kemudinya tersemat fitur tombol kontrol, jam elektrik, tuas ala BMW dan panel infotaiment dengan layar sentuh berukuran besar.

Sedangkan untuk dapur pacunya, menurut topspeed kedua mobil ini akan menggunakan mesin 4 silinder 2.0 liter milik BMW yang dikawinkan transmisi ZF 8 percepatan. Namun memiliki dua output yang berbeda yakni 175 dk pada sedan dan 227 dk pada SUV.

Selain bekerjasama dengan Pininfarina, VinFast juga bekerjasama dengan pemasok lainnya seperti Bosch, Magna dan Siemens untuk membangun model kendaraannya.

Menurut Autocar, gelombang produksi pertama dijadwalkan akan dimulai pada bulan Maret 2019, yang kemudian diikuti produksi secara masal pada bulan September 2019. VinFast belum menetapkan harga untuk kedua model ini.

Berita Terkait

Berita Terkait