POPULAR STORIES

Kolektor, Suku Cadang Toyota AE86 Kembali Diproduksi

Kolektor, Suku Cadang Toyota AE86 Kembali Diproduksi

KabarOto.com - Toyota Gazoo Racing kembali meluncurkan suku cadang OEM untuk model coupe dan liftback AE86 yang ikonik. Produksi ini bisa terjadi akibat program GR Heritage Parts. Sebelumnya, program serupa juga diterapkan untuk model 2000GT , Land Cruiser, serta Supra generasi A70 dan A80.

Mobil ini sendiri dikenal sebagai Levin dan Sprinter di Jepang, keduanya dijuluki hachi-roku atau delapan-enam. Julukan ini berasal dari seri mesin A, platform E Corolla 8 untuk sasis generasi kelima dan enam.

Baca juga: Sejarah Toyota Corolla, Selama 55 Tahun Lahirkan 12 Generasi

AE86 banyak digemari karena tata letak mesin klasik dan sasisnya yang ringan, mobil sport dengan harga terjangkau ini langsung menjadi favorit di kalangan pengemudi muda di tahun 1980-an, dan berlanjut hingga sekarang. Berbekal mesin 4A-GE, mesin tersebut memilik banyak tipe ada Blue Top, Red Top, Black Top, dan Silver Top, semuanya punya spesifikasi masing-masing.

Nama AE86 juga semakin populer berkat digunakan oleh legenda raja drifting Keiichi Tsuchiya. Serta terinspirasi dari itu AE86 hadir sebagai mobil pemeran utama di serial Anime Initial D, di mana kiblat modifikasi mobil ini biasanya mengarah ke Initial D, dengan warna putih dan hitam berikut logo Fujiwara Tofu.

Baca juga: AE86 Andalan Milik Takumi Fujiwara Pada Initial D

Toyota Gazoo Racing akan menyediakan tiga suku cadang secara bertahap, mulai 1 November kemarin terdapat kaliper rem belakang yang diperuntukan bagi AE86, dan knuckle arm setir beserta pinnya dapat dipakai juga oleh AE85. Sedangkan pada 1 Desember nanti akan tersedia driveshaft belakang.