POPULAR STORIES

Komisaris PLN Uji Coba Mobil Listrik, Cek Kesiapan SPKLU

Komisaris PLN Uji Coba Mobil Listrik, Cek Kesiapan SPKLU Pengujian mobil listrik untuk melihat kesiapan lokasi SPKLU

KabarOto.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) berkomitmen mendukung program pemerintah untuk mempercepat hadirnya kendaraan listrik di Indonesia. Selain menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa wilayah, perusahaan listrik pelat merah ini juga sudah melakukan uji coba mobil listrik Hyundai Ioniq dari Jakarta ke Bali.

Dudy Purwagandi, Komisaris PLN mengatakan, "Keinginannya untuk mencoba mobil listrik karena perusahaan ini sudah siapkan SPKLU. Dari informasi yang ada, kendaraan listrik di dalam kota efisien, jadi saya mau coba jarak jauh," terang Dudy, di Kantor Pusat PLN, Jakarta.

Baca Juga: Kurangi Impor BBM, Kementerian ESDM Luncurkan Kendaraan Listrik

Uji coba ini nantinya akan bisa memberi masukan jika ada kekurangan, yang bisa memudahkan konsumen ke depannya. "Saya mau kasih input, terkait titik-titik lokasi SPKLU ke depannya," tambah dia.

SPKLU PLN (Foto: istimewa)

Dan dari uji coba ini, bagaimana dari sisi biaya, kendaraan listrik bisa bisa lebih murah dari kendaraan konvensional. Dudy juga berharap, dengan percobaan ini, ke depan dapat berbagi pengalaman kepada masyarakat dan memberi masukan bagi perusahaan, apa saja yang perlu diperbaiki.

Pengetesan mobil listrik ini juga terus melakukan evaluasi untuk melihat sejauh mana kesiapan SPKLU yang dihadirkan untuk mendorong ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Untuk diketahui, PLN sudah mengoperasikan SPNKLU hasil kerjasama dengan Jasamarga di Tol Trans Jawa.
SPKLU ini tepat berada di ruas tol Surabaya-Jakarta.

Baca Juga: Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik, Pemerintah Akan Bangun 2.400 Titik SPKLU

Tak tanggung-tanggung, 4 buat SPKLU yang hadir atas kerjasama PLN dan Jasa Marga, berada di rest area Km 207 A Palikanci, SPKLU res area 379 Batang, dan SPKLU rest area Km 519 A dan B Sragen, Jawa Tengah.