Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik, Pemerintah Akan Bangun 2.400 Titik SPKLU

Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik, Pemerintah akan Bangun 2.400 Titik SPKLU SPKLU di kawasan Fatmawati Jakarta Selatan

KabarOto.com - PT PLN Persero, penyedia listrik di Indonesia terus mendukukung program pemerintah menghadirkan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. PLN akan memastikan pasokan listrik dan tersedianya infrastruktur pendukung atau charging station.

Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, menyampaikan, pemerintah Indonesia sangat serius dalam mendorong implementasi kebijakan kendaraan listrik.

Baca Juga: Kurangi Impor BBM, Kementerian ESDM Luncurkan Kendaraan Listrik

"Kebijakan ini diharapkan akan menjadi salah satu langkah strategis Pemerintah dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi," terangnya beberapa waktu lalu. Hal ini juga sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas kesehatan melalui lingkungan hidup yang bebas polusi.

Sementara itu, Arifin Tasrif Menteri ESDM menuturkan, program ini tak bisa lepas dari kerjasama semua pihak, untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.

"Dasar pemikiran Program KBLBB tersebut adalah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan impor BBM," terang Arifin, saat peluncuran kendaraan listrik, secara virtual, beberapa waktu lalu. Ini menurut dia akan berdampak positif dalam pengurangan tekanan pada Neraca Pembayaran Indonesia akibat impor BBM.

Menurut Arifin, penggunaan sumber energi lokal terutama energi terbarukan dan gas sangat diperlukan, untuk pembangkit listrik sebagai penyedia listrik bagi KBLBB. Energi terbarukan mendukung pencapaian target pengurangan emisi Gas Rumah Kaca nasional.

Kementerian ESDM juga juga rencananya akan membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 2.400 titik, dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di 10 ribu titik. Target ini akan berjalan sampai tahun 2025. Selain itu juga ada peningkatan daya listrik di rumah tangga pengguna KBLBB.

Baca Juga: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertamina Resmi Beroperasi

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, PLN siap mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). "Kami memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan SPKLU," terang Zulkifli.