POPULAR STORIES

Komisi Eropa Targetkan 30 Juta Mobil Listrik Mengaspal Di Benua Biru

Komisi Eropa Targetkan 30 Juta Mobil Listrik Mengaspal di Benua Biru

KabarOto.com – Industri otomotif Eropa tampaknya akan mempercepat transformasi kendaraan listrik, pasalnya Komisi Eropa menargetkan 30 juta mobil listrik sudah beroperasi di jalan raya pada 2030.

Target tersebut terlihat sagat ambisius, karena populasi kendaraan listrik di Eropa baru mencapai 1,4 juta unit. Upaya transportasi berkelanjutan ini untuk memenuhi tujuan iklim dan memungkinkan perusahaan Eropa menjadi pemimpin industri kendaraan listrik.

Baca Juga : Akademi Digital Motorsport Indonesia Resmi Dibuka Untuk Umum

Menurut beberapa peneliti, dari target yang akan ditentukan tersebut, akan ada 28 juta kendaraan plug-in hybrud dan baterai listrik di jalan raya Benua Biru tahun 2028

Bukan hanya kendaraan listrik, Komisi Eropa juga menetakan target bagi sektor transformasi yang lebih luas, seperti lalu lintas kereta akan menjadi dua kali lecih cepat pada 2030. Sedangkan, pesawat dan kapal besar harus mempersiapkan diri tanpa emisi untuk menyambut pasar otomotif pada 2035.

Bukan hanya itu, Komisi Eropa juga akan merevisi standar karbon dioksida untuk mobil dan van pada Juni 2021, dan untuk kendaraan tugas berat pada 2022.

Baca Juga : Ekspor Daihatsu Dan Toyota Mencapai 109.871 Unit

Proposal untuk industri transportasi ini datang di tengah perselisihan yang terjadi antara anggota Uni Eropa atas rencana memperkuat target pengurangan emisi 2030 menjadi setidaknya 55% pada akhir dekade.

Jika melihat lebih jauh ke depan, sasaran dari Komisi Eropa juga mencakup pelipatgandaan lalu lintas kereta api barang dan lalu lintas kereta berkecepatan tinggi. Oleh karena itu, peta jalan ini diharapkan menjadi rancangan undang-undang dalam beberapa bulan mendatang.