POPULAR STORIES

Komodo Bledhex, Mobil Listrik Buatan Indonesia Yang Tangguh

Komodo Bledhex, Mobil Listrik Buatan Indonesia yang Tangguh Fin Komodi Bledhex

KabarOto.com - Selain memamerkan mobil-mobil buatan Jepang dan Eropa, Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 menampilkan mobil buatan Indonesia. Bukan konvensional yang digerakan dengan mesin, melainkan dengan tenaga listrik.

Mobil bernama Fin Komodo Bledhex ini, sudah dilakukan pengetesan di jalan raya pada 2019 lalu, sejauh 2.000 km, dari Labuan Bajo menuju Jakarta. Pengetesan juga dilakukan di jalur off-road sejauh 1.500 meter di daerah Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Fin Komodo KD 250 X Buatan Jawa Barat Raih Penghargaan Kemenperin

Ibnu Susilo, Presiden Direktur Fin Komodo menjelaskan, Komodo Bledhex ini asli dibuat dan dikembangkan di Indonesia.

"Kami produksi sendiri, motor listrik dan manajemen sistem baterai dibuat sendiri, hanya baterainya saja yang beli, " ungkap Ibnu, di kawasan JIExxpo kemayoran, Jakarta.

Lawa waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sekitar 3 jam dari posisi 0 sampai 100 persen. Dengan baterai penuh, mobil dapat menempuh jarak sekitar 150 km di jalur off-road, dan 200 km di jalur on-road. Tenaga yang dihasilkan mobil ini mencapai 24 kW atau sama dengan 32,2 dk dan torsinya mencapai 70 Nm.

Baca juga: Mengintip Kehebatan Komodo, Kendaraan Tempur Andalan TNI

Komodi Bledhex ini juga diklaim tahan air, jadi sangat aman jika melintas di genangan air setinggi roda. Mobil ini bisa dibelu oleh masyarakat umum, dapat dipesan di IIMS Hybrod 2021.

Harganya sekitar Rp 300 juta - Rp 350 juta. "Kami buka pemesanan bagi yang ingin membeli Komodo Bledhex ini," terang Ibnu.