POPULAR STORIES

Komunitas Ini Hidupkan Kembali Populasi Matic 2-Tak Di Indonesia

Komunitas Ini Hidupkan Kembali Populasi Matic 2-Tak di Indonesia Foto: Kipli

KabarOto.com - Sederet nama-nama komunitas dengan motor baru telah dibentuk, namun adapun reinkarnasi dari motor-motor lawas yang bahkan jarang terdengar unitnya telah dibentuk menjadi sebuah perkumpulan sesama penggemarnya.

Matic identik dengan sistem pembakaran 4-tak, namun sedikit yang tahu bahwa produsen roda dua juga sempat memproduksi motor transmisi matic dengan pembakaran 2 langkah atau 2-tak. Diakui para anggotanya, harga jual matic 2-tak ini pun terbilang 'gelap', dari jutaan sampai puluhan juta.

"Ketika sosmed belum terlalu ramai, awalnya tahun 2002 kumpul-kumpul melalui individu yang dinamai PSMI (Paguyuban Scooter Matic Indonesia). Waktu itu belum banyak skuter matic 4-tak yang di produksi secara masal," ujar Ipang, salah satu pentolan komunitas ini.

"Kemudian sempat terbentuk Jetmac (Jakarta Matic Club) juga, ya jaman sosmed masih ada friendster, haha," kekehnya. "Kita sempat buat drag race dan road race, namun vakum di tahun 2010 karena satu dan lain hal, dan tahun 2015 sampai sekarang, kita hidupkan scene ini lagi," imbuh pemilik bengkel di kawasan Ciledug, Tangerang itu.

Baca Juga: Mau Asap 2-tak Wangi Dan Tak Pedih Di Mata? Ini Resepnya

"Kalau Jabodetabek sempat vakum, uniknya scene 2-tak matic di daerah Bantul dan Bandung selalu hidup dari dulu sampai sekarang. Diprakarsai oleh sosmed dan grup chat, kita adakan kopdar perdana Jabodetabek kita malam ini (23/3/2019) disini (Barito, Jakarta Selatan)," ujar Sandya Fakri selaku member yang juga kolektor helm premium.

Ipang bilang untuk matic 2-tak sendiri terbagi jadi 2 tipe, yakni water-cooled dan air-cooled. "Dari situ, mesin juga terbagi 2 yakni mesin vertikal dan horizontal, juga pemakaian belt dan rantai," beber pria gempal itu.

Target mereka mengumpulkan populasi motor ini mulai 50 cc hingga 250 cc dalam satu wadah. "Jumlah pengikut forum sendiri ada 8 ribu orang, tapi baru kita realisasikan kopdar perdana ini, mudah-mudahan lebih banyak lagi yang ikut," ujar pria berkacamata itu.

Rencananya, mereka bakal adakan kopdar gabungan Jabodetabek dan mengundang semua pengguna matic 2-tak untuk datang ke kawasan Puncak, Jawa Barat. Wah, seru nih, sob !