Komunitas Velozity Chapter Tangerang Tanam 1000 Pohon Mangrove

Komunitas Velozity Chapter Tangerang Tanam 1000 Pohon Mangrove

KabarOto.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini beberapa hari lalu, D'Vecta atau Komunitas Velozity chapter Tangerang mengadakan kegiatan yang bertajuk cinta alam. Bersama Dinas Perikanan & Kelautan Kabupaten Tangerang, D'Vecta melangsungkan kegiatan bakti sosial berupa penanaman 1000 pohon mangrove.

Kegiatan yang diadakan di pesisir Patra Manggala yang terletak di Kabupaten Tangerang ini, dilakukan sebagai wujud nyata kepedulian member D'Vecta terhadap kerusakaan ekosistem yang ada di pesisir Patra Manggala. Kerusakan ini diakibatkan abrasi air laut di pesisir pantai utara Tangerang.

Salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini, Velozity chapter Tangerang ingin mengubah imej masyarakat tentang komunitas mobil, yang biasanya dianggap selalu diisi dengan kegiatan otomotif hura-hura bahkan berdampak negatif.

Melalui kegiatan membangung ekosistem mangrove ini, komunitas mobil dianggap positif di mana nantinya akan bermanfaat untuk ekosistem laut menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Selain oleh member D'Vecta, kegiatan ini dihadiri oleh Bambang Bangun Wibowo selaku Ketua Umum Velozity, jajaran pengurus pusat Velozity, dan Velozity dari chapter lain. Bahkan ada siswa SMK Permata Kemiri sebagai bagian dari edukasi.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Mini Touring Velozer Tangerang dimulai dengan berkumpul di wilayah Balaraja Barat, yang berhasil mengumpulkan kurang lebih 20 member. Setelah berkumpul, seluruh peserta konvoi menuju Patra Manggala.

Peserta tiba di wilayah Balaraja sekitar pukul 08.00 WIB, kemudian langsung melanjutkan perjalanan menggunakan perahu nelayan menuju lokasi penanaman mangrove. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menempuh perjalanan.

Baca Juga: Apa Rasanya Nyetir New Toyota Veloz 1.5 A/T Sepanjang Semarang Sampai Yogyakarta

Setibanya di lokasi, Hari Mahardika selaku perwakilan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang memberikan sambutkan terkait penjelasan singkat mengenai mangrove, "Manfaat dari pohon mangrove ini adalah untuk mencegah Erosi dan Abrasi Pantai. Erosi merupakan mengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut. Pohon Mangrove memiliki akar yang
efisien dan kuat dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat ombak air laut."

Akhirnya kegiatan masuk pada sesi inti yaitu menanam pohon mangrove. Tampak wajah-wajah antusias dan sumringah terlihat di wajah para peserta. Setelah selesai dilanjutkan dengan makan siang bersama, kemudian penyerahan tempat sampah secara simbolis perwakilan nelayan setempat sebagai wujud kepedulian member D’Vecta terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Sebelum menutup acara, Bambang memberikan sambutannya serta harapannya, "Dalam kesempatan kali ini pengurus pusat tetap meberikan dukungan penuh untuk terselengaranya kegiatan positif ini, sesuai dengan komitment kami untuk maju melangkah bersama. Semoga kegiatan ini sedikit dapat mengedukasi semua kalangan khususnya bagi member D'Vecta."

Acara ini juga dapat berjalan lancar melalui dukungan dari Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang yang dihadiri oleh Erwin Surianto selaku Kepala Bengkel beserta rekan Toyota Home Servis (THS). Rekan Toyota hadir untuk mendampingi selama perjalanan dan memberika layanan sevis berkala bagi member yang ingin melakukannya.