POPULAR STORIES

Kondisi Terkini Tol Japek II Selatan Yang Siap Beroperasi Fungsional

Kondisi Terkini Tol Japek II Selatan yang Siap Beroperasi Fungsional Gerbang Tol Sadang bisa menjadi salah satu akses bagi pemudik yang ingin menggunakan Tol Japek II Selatan yang dioperasikan secara fungsional. Tol Japek II Selatan sendiri akan dibuka saat arus balik

KabarOto.com - Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan ruas Sadang hingga Taman Mekar, siap dioperasikan secara fungsional. Namun, pengoperasionalan Tol Japek II Selatan ini akan dibuka saat arus balik lebaran 2023 berdasarkan diskresi kepolisian.

Japek II Selatan ini bisa diakses melalui Simpang Susun (SS) Tol Sadang. Pantauan KabarOto, secara infrastruktur, sudah ada dua lajur yang siap dilalui jika nantinya dibuka secara fungsional. Namun, di sisi kiri dan kanannya masih berupa tanah. Rambu-rambu di sepanjang lajur juga terus dipersiapkan oleh petugas di lapangan.

Baca Juga : Alasan Tol Cisumdawu Tidak Dioperasikan Secara Penuh Saat Mudik Lebaran 2023

Nah, jika sobat KabarOto dari arah Bandung, bisa langsung mengarah ke Japek II Selatan, tepatnya di km 76. Untuk saat ini, akses dari Bandung untuk langsung ke Japek II Selatan masih ditutup oleh water barrier.

Tol Japek II Selatan (kanan) terlihat dari gerbang tol Sadang, Purwakarta, Jawa Barat. Tol Japek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sendiri mempunyai panjang 28,5 km (Foto: KabarOto)

" Untuk saat ini belum bisa dilintasi ke arah Taman Mekar, karena disiapkan untuk arus balik. Jadi nanti saat arus balik baru bisa (digunakan secara fungsional)," ujar seorang petugas jalan tol di gerbang tol Sadang.

Nantinya, tol fungsional Japek II Selatan ini akan digratiskan. Sementara, kendaraan yang diperbolehkan melintas hanyalah golongan I non bus dan non truk, dengan aturan kecepatan maksimum adalah 40 kpj.

Japek II Selatan bisa diakses langsung dari arah bandung saat arus balik. Percabangan ini berada di km 76 tol Cipularang arah Jakarta. Untuk sementara, lajur tersebut belum bisa dilalui (Foto: KabarOto)

"Untuk saat ini jika ingin ke Taman Mekar kami sarankan untuk lewat Purwakarta. Lewat jalan arteri," jelas dia.

Petugas tersebut menjelaskan, Japek II Selatan segmen Sadang, hingga Taman Mekar mempunyai jarak 28,5 km dan diperkirakan dapat ditempuh dengan waktu 30 hingga 40 menit.

Jika sobat ingin keluar di SS Kutanegara juga bisa dari SS Sadang dengan jarak 8,5 km. Sementara jika ingin kembali ke Jakarta lewat Japek II Selatan, kalian bisa keluar di Taman Mekar dan melalui jalan Pangkalan sejauh 16 km, dan masuk kembali ke tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta melalui GT Karawang Barat 2.

Baca Juga : Tol Cisumdawu Beroperasi Fungsional Hingga Sore Selama Mudik 2023

Untuk diketahui, Japek II Selatan merupakan satu dari 7 tol yang dioperasionalkan secara fungsional, saat musim mudik 2023. 6 tol lain yang dioperasionalkan secara fungsional yakni:

1. Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 Cimalaka - Dawuan 28,2 km

2. Tol Ciawi - Sukabumi seksi 2 Cigombong - Cibadak 11,9 km

3. Tol Cibitung-Cilincing seksi Tarumajaya - Cilincing 7,3 km

4. Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulon Progo seksi Kertasura - Klaten sepanjang 6,1 km

5. Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2A Jatikarya - Cikeas 3,5 km

6. Tol Pasuruan - Probolinggo Seksi 4 A Probolinggo Timur - IC Gending 8,6 km.