Konsorsium Dari 4 Manufaktur Motor Jepang Sepakat Buat Baterai Tunggal

Konsorsium dari 4 Manufaktur Motor Jepang Sepakat Buat Baterai Tunggal

KabarOto.com - Swappable Battery Consortium for Electric Motorcycles (Consortium) atau konsorsium baterai tunggal untuk kendaraan listrik sudah mencapai kesepakatan.

Hal tersebut memastikan bahwa motor pabrikan Jepang siap menyongsong kendaraan bermotor listrik dengan satu baterai yang dapat dipakai oleh konsorsium.

Oh iya, di antaranya dari Honda Motor Co., Ltd., Kawasaki Heavy Industries, Ltd., Suzuki Motor Corporation, dan Yamaha Motor Co., Ltd. Sejatinya mereka sudah membicarakan hal ini sejak dua tahun lalu, tepatnya bulan April 2019.

Baca juga: Budi Luhur Jajal Motor Listrik di Sirkuit Sentul, Ini Kecepatan Maksimalnya

Honda lebih siap sudah siapkan PCX electric

Selama pembahasan konsorsium, mereka mencoba meramu kendaraan yang memngkinkan menghadirkan kendaraan listrik yang baterainya bisa saling tukar.

Konsorsium ini sudah setahun bekerja sama dengan "e-Yan OSAKA" dilakukan bersama Japan Automobile Manufacturers Association Electric Motorcycle Promotion Subcommittee berkolaborasi dengan Prefektur Osaka dan Universitas Osaka. Hal ini bertujuan mempopulerkan dan meningkatkan penggunaan sepeda motor listrik yang ramah lingkungan.

Penempatan baterai di bawah jok pengendara



Society of Automotive Engineers of Japan, Inc. Organization (JASO) technical paper TP21003 yang diterbutikan 19 Maret kemarin, konsorsium perlu melakukan verifikasi teknis dan standarisasi baterai.

Konsorsium juga menjajaki perbincangan dengan Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) agar baterai bisa juga digunakan bersama untuk dunia internasional.

Baca juga: Motor Listrik Pertama Pabrikan Inggris, Triumph Project TE-1

Noriaki Abe Consortium Representative Secretary, and Managing Officer, Motorcycle Operations, Honda Motor Co., Ltd., mengatakan bahwa kesepakatan penggunaan baterai tunggal berkat kerjasama baik empat manufaktur.

"Terima kasih kepada semua yang terkait dengan konsorsium dan Society of Automotive Engineers of Japan, Inc. memahami dan dukungannya," ujar Noriaki Abe.

Diyakini dengan semakin banyaknya penggunaan motor bertenaga listrik menggantikan motor bakar akan membangun kompetisi hadirkan keunggulan produk dan memenuhi kebutuhan pelanggan.