Motor Listrik Pertama Pabrikan Inggris, Triumph Project TE-1

Motor Listrik Pertama Pabrikan Inggris, Triumph Project TE-1 Sumber Foto : Triumph Motorcycle

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Inggris, Triumph, membocorkan sketsa purwarupa motor listrik pertama yakni, Triumph Project TE-1.

Triumph bekerja sama dengan Williams Advanced Engineering spesialis e-Drive Integral Powertrain dan University of Warwick (WMG) untuk mengerjakan Triumph Project TE-1 dari tahun 2019.

Baca Juga : Triumph Street Twin Gold Line Limited Edition

“Ini akan memberikan fondasi strategi sepeda motor listrik masa depan kami, yang akhirnya difokuskan untuk memberikan apa yang diinginkan oleh konsumen kami. Yakni keseimbangan sempurna antara kinerja, penanganan, dan kengunaan dunia nyata dengan karakter khas Triumph,” ungkap Nick Bloor selaku CEO Triumph.

Selain kerjasama tersebut, proyek motor ini juga sudah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Inggris yakni, (OZEV) untuk melanjutkan tren peralihan ke kendaraan listrik dengan memberikan suntikan dana kepada Triumph.

Baca Juga : Triumph Speed Triple 1200 RS, Masih Bisa Jinak!

Dari segi tampilan, bagian samping, terlihat mesin konvensional sudah diganti dengan baterai dan motor listrik. Pihak Williams menyebutkan perangkat ini dibuat khusus agar seimbang. Lampu depan bulat yang khas varian Speed atau Street ini sudah LED.

Bicara soal kaki-kaki, suspensi depan sudah Ohlins yang dapat diatur. Lalu, bagian swingarm satu sisi seperti produk Speed Triple 1200 RS terbaru. Pelek model lima palang dibalut ban ukuran 120/70 R17 untuk depan dan 190/55 R17 dibelakang. Pelek ini disandingkan dengan rem Brembo dua piston untuk depan dan satu piston belakang.

Baterai tersebut tersemat di dalam sasis agar center of gravity motor ini tidak terganggu. Selain itu, unit kontrol kendaraan yang unik juga terintegrasi ke dalam paket baterai guna mengoptimalkan bobot kendaraan.

“Teknologi sakelar silikon karbida dalam inverter terintegrasi baru kami dapat membantu dalam hal efisiensi sepeda motor listrik," ujar Andrew Cross selaku Chief Technical Officer di Integral Powertrain.

Dirinya menambahkan, penerapan teknologi ini berarti bobot yang lebih ringan secara keseluruhan dengan performa dan jangkauan yang lebih baik. Sehingga performa motor dan inverter tinggi ini dapat ditawarkan dengan biaya yang lebih hemat.

Baca Juga : Triumph Rocket 3 R Black Dan GT Triple Black 2021, Hanya 1.000 Unit

Jantung pacu Triumph Project TE-1

Meski belum meluncur, motor purwarupa tersebut memiliki sistem kelistrikan 360 volt dengan kemampuan fast charging. Motor ini diklaim dapat mengisi daya 0-80% dalam waktu kurang dari 20 menit saja. Bicara soal performa, motor listrik yang teritegrasi dengan baterai tersebut dapat menghasilkan tenaga 174 dk, tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui belt.

Selain itu, pihak pabrikan juga klaim bahwa unit penggerak beserta baterai ini memiliki berat hanya 10 kg saja. Tidak hanya itu, motor ini memiliki sistem pengereman regeneratif layaknya mobil hybrid. Bicara soal peluncuran, Triumph Project TE-1 akan siap pada akhir tahun 2021 jika semua berjalan sesuai rencana motor ini akan meluncur pada tahun 2022.