POPULAR STORIES

Konsumsi BBM Di Sumut Menurun Efek Pandemi Covid-19, Ini Yang Dilakukan Pertamina

Konsumsi BBM di Sumut Menurun Efek Pandemi Covid-19, Ini yang Dilakukan Pertamina SPBU Pertamina (KO/Edo)

KabarOto.com - Selama masa pandemik virus Corona atau Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) terus mengalami penurunan. Meski demikian, Pertamina tetap beroperasi secara penuh, bahkan meningkatkan layanan bagi konsumen.

Unit Manager Comm. Rel. & CSR, M. Roby Hervindo mengatakan, salah satunya adalah melalui program Gerakan Masjid Bersih (GMB) yang bekerja sama dengan PT Unilever Indonesia.

Baca Juga: Mobil Jarang Dipakai Akibat WFH, Jangan Copot Kabel Aki!

"Program ini meningkatkan layanan kebersihan di 243 masjid dan musholla yang berada di area SPBU di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Yaitu melalui kegiatan bersih-bersih masjid dan mushalla," ujar Roby.

Selain peningkatan layanan kebersihan di SPBU, Pertamina juga melakukan peningkatan protokol pencegahan Covid-19. Diantaranya dengan membagikan 2.478 unit alat pelindung wajah (face shield) kepada seluruh petugas SPBU di Sumut.

Gencarkan layanan PDS

"Peningkatan layanan ini, tetap dilakukan Pertamina meski penjualan BBM terus menurun selama pandemi," tutur Roby dalam keterangannya.

Selama bulan April 2020, tercatat 28 persen penurunan penyaluran BBM dibandingkan konsumsi normal untuk BBM jenis bensin atau gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series).

Di Provinsi Sumut, realisasi penyaluran hanya mencapai 3,5 juta liter per hari. Padahal dalam kondisi normal, konsumsi bisa mencapai lebih dari 5 juta liter per hari.

Kondisi serupa terjadi pada BBM jenis diesel atau gasoil (Bio Solar, Dex Series). Konsumsinya turun 21 persen atau menjadi sebesar 2,5 juta liter per hari. Dibandingkan konsumsi harian normal sebesar 3 juta liter per hari.

Sebagai langkah meningkatkan penjualan, selama bulan Ramadan ini Pertamina memberikan program loyalty konsumen.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Belum Mereda, Penutupan Pabrik Honda Kembali Diperpanjang

Program tersebut, berupa cashback 30 persen atau maksimal Rp 20 ribu untuk pembelian Pertamax Series dan Dex Series, melalui transaksi non tunai dari aplikasi My Pertamina.

"Pertamina juga telah meluncurkan layanan Pertamina Delivery Services (PDS), untuk kemudahan konsumen. Cukup menelepon call center 135, produk BBM, Bright Gas dan pelumas Pertamina diantarkan ke alamat konsumen. Gratis ongkir, berlaku hingga 31 Mei 2020," tutup Roby.