POPULAR STORIES

Kriteria Memilih Oli Motor Transmisi Matik Yang Baik

Kriteria Memilih Oli Motor Transmisi Matik yang Baik

KabarOto.com - Skuter matik (skutik) saat ini telah menjadi salah satu tipe sepeda motor yang paling banyak digemari oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan.

Kemudahan serta kepraktisan yang ditawarkan menjadi alasan utamanya. Ditambah lagi, banyak pabrikan menghadirkan beragam pilihan line up skutik kepada konsumen, baik itu dari segi karakter desain, fitur-fitur, sampai kapasitas mesin.

Agar menjaga motor Skutik dapat selalu diandalkan dalam mendukung mobiltas harian, tentu perlu dilakukan pengecekan dan perawatan secara berkala. Termasuk di tengah kondisi pandemi saat ini yang membuat motor lebih sering terparkir dan tidak terpakai.

Baca juga: Astra Peugeot Beri Diskon 15 Persen Untuk Servis Dan Oli Matik

Salah satu, komponen motor matik yang perlu diperhatikan perawatannya secara rutin adalah penggantian oli transmisi matik (baik berdasarkan jarak tempuh maupun waktu).

Oli transmisi matik sendiri berfungsi melumasi sistem kerja transmisi motor matik yang bergesekan. Oleh karena itu, penggantiannya harus bersifat rutin, tepat waktu, dan tentunya menggunakan oli rekomendasi oleh pabrikan.

Oli disebutkan harus tahan terhadap tekanan dan beban kerja yang tinggi, memberikan perlindungan terhadap gesekan dan keausan, serta melumasi dan membersihkan transmisi gear.

Baca juga: Punya Keunggulan Berbeda-beda, Ini Pilihan Oli Motor Matik

“Oli yang baik dikembangkan bersamaan dengan mesin motor matik, sehingga telah teruji kualitasnya dalam memberikan perlindungan mesin yang maksimal,” terang Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation, YRA & Commuunity, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.