POPULAR STORIES

KTB Targetkan 55 Ribu Unit Truk Fuso Terjual Di Tahun 2019

KTB Targetkan 55 Ribu Unit Truk Fuso Terjual di Tahun 2019 PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors

KabarOto.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) optimis dengan target 55.000 unit penjualan di 2019. Distributor resmi truk dan bus Mitsubishi Fuso ini juga memperkuat pangsa pasar absolut hingga 45%. Hal ini dilakukan untuk mengokohkan truk no. 1 sebagai market leader yang tak terkalahkan.

Target ini dibuat berdasarkan performa serta tren permintaan kendaraan niaga. Pada 2018, Mitsubishi Fuso berhasil memimpin pasar dengan perolehan market share sebesar 43,9% sebanyak 51.132 unit truk terjual. Berdasarkan data ini, penjualan meningkat 20,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Detail data menunjukkan Colt Diesel di segmen Light Duty Truck (LDT) masih menjadi kontributor terbesar dengan 45.257 unit dan market share absolut 58,1%.

Baca juga: KTB Yakin, Mitsubishi Fuso Fighter Bisa Caplok Pasar Kompetitor

fuso

Sedangan pertumbuhan Fuso di segmen Medium Duty Truck meningkat signifikan hingga 41,8% dengan 5.811 unit terjual. Nah, sisanya sebanyak 64 unit disumbang oleh Tractir Head pada segmen Heavy Duty Truck (HDT).

Untuk proyeksi 2019, KTB menargetkan pertumbuhan yang dapat memenuhi permintaan pasar. Total target 55.000 terdiri dari, 47.000 unit LDT dan 7000 unit MDT dan HDT. Nah, untuk memenuhi target yang telah ditetapkan, KTB menyatakan sudah mempersiapkan strategi dari sisi produk dan layanan purna jual.

Pada awal tahun, KTB telah memasarkan 9 varian Fighter dan penambahan sebanyak 7 varian yang segera dilakukan. Tidak hanya varian baru loh, produk eksisting Colt Diesel dan Fuso akan disempurnakan. Sehingga, KTB berharap produknya dapat lebih menyesuaikan kebutuhan bisnis konsumen.

KTB sudah memiliki jaringan yang luas untuk layanan purna jual, dengan 230 diler resmi, 15 truck center, 19 parts depo, 107 mobile workshop, 5.100 part shop, dan lebih dari 1.500 tim tersebar di seluruh diler. Jaringan yang dimiliki KTB akan semakin berkembang kedepannya.

Baca juga: KTB Optimis Mitsubishi Fuso Mampu Dominasi Pasar Truk Di Tanah Air

fuso

Program layanan pun akan bertambah dan semakin beragam, seperti fleet workshop, konsinyasi suku cadang, serta suku cadang Fuso Value Parts. Layanan Fuso Value Part sudah dikenalkan sejak 2018 lalu, disini konsumen dapat memilih suku cadang dengan harga yang lebih terjangkau. Layanan ini juga tersedia untuk seluruh produk Mitsubishi Fuso loh, bahkan produk yang paling baru sekalipun.

Tidak hanya produk dan layanan purna jual saja, KTB juga berkontribusi melalui program Tanggung Jawab Sosial. Program ini dibuat untuk memberdayakan masyarakat Indonesia, salah satunya Fuso Vocational Program yang membina SMK. Sehingga, program ini mampu mencetak tenaga ahli yang kompeten sesuai kebutuhan industri.

Fuso Vocational Program melatih SMK dengan memberikan unit truk dan mesin untuk digunakan bahan praktek. Siswa dan tenaga pengajar dilatih secara berkala hingga kompetisi kemampuan tingkat nasional. Hal ini dilakukan agar siswa siap memasuk dunia kerja profesional.