POPULAR STORIES

KTM 690 Enduro R Dan KTM 690 SMC R Lansiran 2021, Siap Dibawa Bertualang

KTM 690 Enduro R dan KTM 690 SMC R Lansiran 2021, Siap Dibawa Bertualang Sumber Foto : KTM

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Austria, KTM meluncurkan varian teranyar dari KTM 690 SMC dan KTM 690 Enduro R. Sedianya akan mulai dijual pada Desember mendatang.

Dari segi tampilan motor ini tidak banyak berubah dari model sebelumnya, hanya mendapatkan warna dan stripping baru saja. Motor yang mengandalkan mesin LC4 satu silinder ini menawarkan torsi melimpah untuk melibas jalan aspal maupun tanah. Kedua motor ini menggunakan sasis frame yang ringkas dengan material ringan agar mempermudah pengendara bermanuver.

Baca Juga : KTM 890 Adventure, Sudah Siap Diajak Keliling Dunia

2021 KTM 690 SMC R

Agar membuat nyaman pengendara, motor ini didukung kontrol elektronik yang membuat pengendara tetap percaya diri untuk menggebernya. Bahkan terdapat sistem deselerasi dan cornering ABS.

Bicara soal performa, kedua motor mengandalkan mesin LC4 satu silinder berkapasitas 690 cc ini mampu menghasilkan tenaga 74 dk dan torsi 73.5 Nm dan untuk versi 2021 ini mesinnya sudah memenuhi standar EURO 5.

Walaupun satu silinder, mesin ini diklaim memiliki getaran yang minim berkat penggunaan dua poros penyeimbang yang disejajarkan dengan dual busi di kepala silinder dan teknologi Ride by Wire. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 6 percepatan.

2021 KTM 690 Enduro R

Untuk meredam goncangan, motor ini menggunakan suspensi andalan KTM yaitu WP Xplor upside down (USD) ukuran 48 mm untuk depan dan Monoshock dengan pengaturan redaman. Motor ini menggunakan pelek model jari-jari ukuran 21 inci depan dan belakang 18 inci. Namun, Enduro R menggunakan ban pacul dari Continental TKC80s. Sementara SMC R menggunakan ban aspal dari Bridgestone S21.

Sistem deselerasi, bagian depan cakram ukuran 300 mm dan belakang ukuran 240 mm dengan kaliper rem lansiran Brembo. Tentunya rem ini sudah ABS yang mampu membantu saat melakukan saat deselerasi dan cornering.

Baca Juga : Kok All New Yamaha Aerox 155 Belum Gunakan Rem Cakram Belakang?

Bicara soal fitur, untuk KTM 690 SMC R memiliki dua riding mode yaitu Street dan Sport dan cornering ABS. Lalu, Motorcycle Traction Control dengan Quickshifter+.

Adapun KTM 690 Enduro R, memiliki dua riding mode yaitu Offroad dan Street. Motor ini memiliki karakter respon gas yang berbeda dan memiliki fitur Motorcycle Traction Control (MTC), saat melakukan cornering ada opsi untuk mematikan fitur off-road ABS.

Bicara soal harga, motor ini mulai dari US$11.999 atau setara Rp 170 jutaan. Jadi bagaimana Sob berminat?