POPULAR STORIES

KTM 890 Adventure, Sudah Siap Diajak Keliling Dunia

KTM 890 Adventure, Sudah Siap Diajak Keliling Dunia Photographer: Schedl R

KabarOto.com - KTM 890 Adventure memberikan semangat baru bagi para penjelajah agar lebih percaya diri melesat di jalur aspal dan bebatuan.

Berkat bobot ringan dan pengendalian kian mantap. Hal ini memungkinkan pengendara mengoptimalkan mesin dua silinder 889 cc sajikan tenaga 105 dk dan torsi 100 Nm ke roda belakang.

Baca juga: BMW R1250 RT Anyar Bawa Segudang Fitur Canggih



Penyempurnaan mesin dilakukan pada sudut kepala piston dan diameter klep lebih lebar 1 mm. Serta 20% ekstra rotating mass di crankshaft. Tentunya membuat motor lebih asyik ketika di bawa bermanuver kecepatan rendah di tikungan.

Oh iya, tak perlu takut meminum bahan bakar beroktan rendah ketika berada di belahan dunia lain karena mesinnya sudah disematkan knock sensor. Bukaan gas juga memakai sistem Ride-by-wire, sehingga respon bukaan bahan bakar lebih presisi hingga enam percepatan. Quickshifter +- juga jadi pilihan, memungkinkan perpindahan gigi tanpa perlu menarik tuas kopling.



Frame pipa andalkan material baja Chromoly untuk memeluk mesin. Dikombinasi denan subframe model pipa, membuat motor tetap ringan dan kokoh bisa membawa banyak barang di bagian belakang.

Melintasi berbagai jalur jalan, pelek sudah gunakan ukuran 21 inci dan belakang 18 inci. Kabarnya pelek ini sudah didesain khusus untuk KTM Adventure, tapilan juga kincolong berkat anodized, tak lagi powder-coating.



Redaman ke permukaan jalan, KTM 890 Adventure memiliki jarak main hingga 200 mm. Depan gunakan WP Apex 43 mm tipe up-side down. Belakang juga gunakan WP Apex shock absorber, bisa disetel gunakan tangan untuk selera kenyamanan. Ban lansiran Avon juga tubeless dan terdapat TMPS (Tire Pressure Monitoring System).

Sistem pengereman, tak perlu ragu melesat kencang. Karena sudah dikawal cakram ganda 320 mm dengan empat piston kaliper untuk bagian depan. Sedangkan rem belakang gunakan cakram 260 mm dijaga dua piston kaliper. Sudah dibantu pula ABS Bosch 9.1 MP dan Motorcycle Traction Control.



Bagi yang berminat meminang, tak perlu menunggu lama. Sebab KTM 890 Adventure akan mulai didistribusikan ke diler pada Desember 2020.

Perjalanan jauh tak khawatir kangen SPBU, karena KTM 890 Adventure ini menampung 20 liter bahan bakar. Diklaim sekali tangki terisi penuh bisa menempuh jarak 400 km.

Baca juga: Harley-Davidson Pan America Segera Datang!



Nah, untuk posisi berkendara. Selain jok setinggi 850 mm bisa disesuaikan ketinggiannya, batang kemudi bermaterial alumunium bisa disetel hingga enam posisi, bisa 30 mm lebih maju untuk menggapainya.

Penerangan ke jalan, sudah mengandalkan sorotan LED. Bila disadari desain lampu depan seperti bentuk KTM 450 Rally. Sedangkan untuk kokpit akan dipandu layar TFT 5 inci.