POPULAR STORIES

KTM 990 RC R 2025 Siap Meluncur, Jadi Superbike Jalanan Bagi Pecinta Balap

KTM 990 RC R 2025 Siap Meluncur, Jadi Superbike Jalanan Bagi Pecinta Balap KTM 990 RC R 2025 (Rideapart)

KabarOto.com - Setelah beberapa lama berkecimpung di industri motorsport dan merilis produk Track Only selama bertahun-tahun, KTM secara resmi merilis teaser pertama superbike 990 RC R terbaru. Motoe tersebut rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun ini dan akan tersedia secara luas pada awal 2025.

Seperti dilansir Rideapart, motor ini menjadi kendaraan yang dibuat oleh KTM dengan beragam keunggulan. Dengan mengumpulkan pengalaman dan ilmu dari kompetisi MotoGP, pabrikan motor asal Austria tersebut siap mengembangkan produk unggulannya sendiri.

Dari body yang disematkan, motor baru ini akan fokus pada Aero Dynamic yang dirancang sesuai prinsip aerodinamis. Perhatian juga tertuju pada bagian depan, dimana KTM 990 RC R 2025 memiliki winglet yang terinspirasi dari KTM RC-16, meskipun teaser menunjukan kendaraan masih ditutupi kamuflase.

Baca Juga : Tawarkan Cita Rasa MotoGP, KTM RC 8C Siap Meluncur Terbatas

Hal pertama yang perlu kita lihat adalah suspensi depan. Menggunakan WP APEX, motor tersebut akan menjadi Open Cartridge dengan fitur yang dapat disesuaikan sepenuhnya. Struktur kendaraan juga telah menggunakan rangka baja yang dirancang untuk performa dinamis.

Telah meningkatkan tingkat adhesi bagian depan, KTM 990 RC R 2025 akan lebih baik dengan sudut kemudi offset 25 derajat dan kekakuan rangka secara keseluruhan yang dirancang untuk memberikan pengendaranya stabilitas optimal saat akselerasi di jalan bergelombang atau trek balap.

Selain berkendara dengan kecepatan maksimal, pabrikan juga memikirkan bagaimana menjaga mobilitas, terutama pada kecepatan rendah Sorotan lain dari model ini adalah sistem transmisi tenaganya.

Menampilkan mesin dua silinder baru, LC8c, jantung pacu yang disematkan diharapkan berkapasitas 999 cc dan merupakan perluasan dari jajaran mesin seri 890 milik perusahaan. Meski demikian, pabrikan belum mengungkapkan angka tenaga yang mampu disemburkan secara resmi.

Meski demikian, mesin tersebut akan menjadi yang paling terkonfigurasi dari jajaran seri dan transmisi yang dipasang oleh pabrik memungkinkan bila set gigi mundur akan menjadi andalan. Sama seperti yang digunakan di bidang kompetisi, gigi 1 akan diaktifkan dengan cara mengangkat, sedangkan gigi 2 hingga 6 akan dibanting ke bawah.

Baca Juga : KTM-Brabus Siap Luncurkan Motor Baru, Kapasitas Mesin Lebih Besar dan Buas

Tak hanya itu, KTM juga akan meluncurkan versi untuk trek balap hardcore yang disebut 990 RC TRACK dan siap menjadi sepeda motor kelas superbike tanpa mematuhi peraturan. Modifikasi ini menghilangkan kebutuhan akan legalitas jalan, termasuk komponen pelindung setelan kusstom yang dilakukan lebih lanjut.

“KTM 990 RC R adalah inovasi terobosan bagi mereka yang menyukai sensasi menikung. Bagi mereka yang bersandar dekat jalan raya, hampir sampai ke lutut, lalu melewati batas sambil menyeret sikunya ke bawah ke jalan di arena pacuan kuda. Motor ini menawarkan tenaga dan gengsi tanpa banderol harga selangit," kata Riaan Neveling, Kepala Pemasaran Global KTM.

Harapan terakhir adalah peluncuran resminya. Sebagian besar media roda dua menargetkan peluncurannya akan terjadi pada EICMA 2024 yang digelar pada November mendatang. Motor ini diharapkan siap dijual di seluruh dunia pada kuartal pertama tahun 2025.

Berita Terkait

Berita Terkait