POPULAR STORIES

KTM Pasang Sayap Baru Di Bagian Depan Dan Belakang Motor RC16

KTM Pasang Sayap Baru di Bagian Depan dan Belakang Motor RC16 Dani Pedrosa jajal KTM RC16 (Foto: bikersportnews)

KabarOto.com - KTM berinovasi berupa sayap baru yang terpasang di spatbor depan motor RC16 saat melakukan shakedown test MotoGP 2024.

Terlihat pada KTM RC16 yang digunakan oleh Dani Pedrosa, sayap depan berukuran kecil tersebut menempel di bagian ujung depan spatbor, langsung berhadapan derasnya hembusan angin di bagian depan motor.

Bagian ini diklaim berfungsi untuk membagi aliran angin di area tersebut, sehingga dapat meningkatkan downforce di bagian depan motor.

Baca Juga: MotoGP Seri Argentina 2024 Resmi Dibatalkan, Ini Kendalanya!

Sayap depan berukuran kecil t menempel di bagian ujung depan spatbor

Sayap depan ini dipasangkan dengan bentuk fairing samping baru dan serta ram air baru yang berukuran lebih besar dari model sebelumnya.

KTM terlihat mengadopsi konsep Aprilia terkait ram air, yang memadukan dengan sayap depan di bagian samping fairing depan. Sementara itu, fairing samping terlihat lebih bulky dan kekar, serta mempertahankan konsep lambung kapal.

Bukan hanya itu, KTM juga menampilkan inovasi di bagian belakang motor. Sebelumnya, pabrikan menampilkan bentuk spoiler kotak dengan adanya bentuk setengah lingkaran di bagian tengah atas dua elemen sayap belakang.

Baca Juga: Tim Red Bull GasGas Tech3 Rilis Motor Balap MotoGP 2024

Spoiler belakang berbentuk kotak di belakang

Konsep ini mirip dengan yang digunakan Honda, memadukan sayap di ujung belakang dengan sayap model tanduk stegosaurus di Honda RC213.

Sementar itu, Ducati juga melakukan ubahan pada bagian fairing samping, dengan bentuk kekar layaknya kendaraan perang.

Bentuknya lebih besar, ditambah area undercut di bagian tengah dengan beberapa saluaran yang terlihat unik.