Kumpulan Para Jawara Dunia Di Berbagai Cabang Motorsport

Kumpulan Para Jawara Dunia di Berbagai Cabang Motorsport

KabarOto.com - Memasuki akhir tahun, berbagai cabang olahraga motorsport telah menyelesaikan balap satu musim penuh. Meski pandemi Covid-19 masih menghadang, namun induk motorsport yakni FIA memutuskan balap tetap harus berjalan hingga akhir.

Nah, berikut para jawara dari berbagai cabang motorsport di seluruh dunia:

Formula1

Max Verstappen (Red Bull Racing) meraih titel juara dunia pembalap Formula 1 musim 2021. Sempat tertinggal hampir sepanjang balapan, ia berhasil menyalip di lap terakhir setelah safety car masuk di lap 57 dan ia akhirnya bertarung 1 lap terakhir melawan Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas).

Sempat terjadi drama, di lap pertama Hamilton berhasil menyalip Verstappen. Namun di belokan enam, Verstappen yang berusaha menyalip hampir bertabrakan dengan Hamilton hingga keluar trek, membuatnya harus memotong tikungan. Namun Verstappen yang diuntungkan dengan ban kompon lunak berhasil merobek garis finis meninggalkan Hamilton.

Nascar

Sempat dipecat dari Chip Ganassi Racing karena lontaran kalimat rasis, Aksi Kyle Larson kembali ke trek balap pun berbuah manis. Pembalap Hendrick Motorsports itu menjadi juara NASCAR Seri Piala 2021 tanpa banyak kesulitan di putaran akhir, Minggu (7/11).

Padahal, ia pun sempat diskors NASCAR karena melontarkan kalimat berbau rasis dalam ajang iRacing. Tak hanya itu, karirnya pun terancam karena kontraknya dengan sponsor pun diputus. Kemenangan 10 kalinya membuat dirinya dipercaya tim barunya itu dengan kontrak selama 2 tahun.

Baca juga: Hasil Race 1 WSBK Mandalika 2021 : Rea Finis Pertama, Toprak Juara Dunia

MotoGP

Akhir balap yang spektakuler di ajang MotoGP memang diraih oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang membawa Yamaha kembali menjadi juara dunia tahun 2021. Namun hal fenomenal lainnya datang dari pembalap legendaris Valentino Rossi yang menjadi salah satu momen haru dengan keputusannya tutup karir di ajang MotoGP.

Tak hanya itu, Ducati yang terkenal dengan motornya yang sulit dikendalikan pun berhasil meraih gelar juara konstruktor terbaik. Tak hanya itu, Fransesco Bagnaia (Ducati) sebagai pembalap sekaligus anak didik Rossi juga mempersembahkan kemenangan pada balap terakhir di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia untuk sang guru.

Indycar

Honda berhasil meraih gelar juara ganda untuk kategori manufaktur dan juga pembalap di ajang balap NTT IndyCar Series musim 2021. Alex Palou dari Chip Ganassi Racing berhasil menjadi juara meskipun pada seri terakhir di Grand Prix Long Beach, Palou finish di posisi keempat. Ia dapat meraih gelar juara dunia dengan perolehan total 549 poin.

Poin tersebut ia dapatkan setelah pada beberapa seri sebelumnya berhasil menjadi juara sebanyak 3 kali dari total 16 seri. Hal ini pun menjadikan Alex Palou sebagai pembalap Honda ke-10 yang berhasil mendapatkan gelar juara dalam kejuaraan IndyCar, kejuaraan tersebut adalah yang ke-18 kalinya bagi Honda sejak memasuki balapan roda terbuka di Amerika Utara pada tahun 1994.

Formula e

Nyck de Vries (G-Drive Racing) berhasil raih titel juara dunia Formula E meski finis ke-8 di Berlin ePrix, Minggu (15/08). Pembalap yang masih memiliki darah Indonesia tersebut berhasil membawa Mercedes-Benz mengumpulkan 99 poin dari 15 seri balap.

Ia unggul 7 poin dari Eduardo Mortara dan 9 poin dari Jake Dennis yang menempati posisi kedua dan ketiga klasemen akhir. Seri Berlin ePrix sendiri akhirnya dimenangi Norman Nato (Venturi), yang menjadi kemenangan perdana pembalap Prancis itu di Formula E.

Baca juga: Yamaha R1 GYTR VR46, Penghormatan Spesial Untuk Valentino Rossi

World Rally Championship (WRC)

Toyota Yaris WRC rancangan Toyota Gazoo Racing WRT menunjukkan kedigdayaannya di ajang WRC 2021 dengan para pembalapnya Sebastien Ogier dan Julien Ingrassia asal Prancis. Ogier berhasil mengunci gelar Juara Dunia World Rally Championship (WRC) setelah memenangkan Reli Monza 2021.

Sebastien Ogier sendiri nyaris gagal menjadi Juara Dunia setelah menyerempet pembatas beton di awal hari ketiga Reli Monza 2021. Ia berhasil mengamankan posisinya setelah rival terdekat sekaligus rekan satu tim-nya yaitu Elfyn Evans melintir yang tertinggal 7,3 detik di belakang.

World Superbike (WSBK)

Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) bawa Yamaha menjadi juara dunia 2021. Pria asal Turki tersebut unggul 25 poin didepan Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) yang tak berkutik melawan kedigdayaan Toprak di atas Yamaha YZF-R1.

Balap penentu di sirkuit Mandalika, Indonesia pun jadi ajang Toprak merebut piala tersebut meski Rea finis di podium pertama. Pembalap asal Inggris itu langsung mengambil alih posisi pertama usai start. Toprak yang menempati posisi pole pertama sempat terlempar ke posisi ketiga karena melebar di tikungan. Namun, pembalap bernomor 54 itu mampu berduel dengan Scott Redding (BMW Motorrad) dan berhasil finis kedua.

Berita Terkait

Berita Terkait