Kurang Peminat, BMW Z4 Manual Dihapus Di Australia

Kurang Peminat, BMW Z4 Manual Dihapus di Australia

KabarOto.com – Jika Toyota Supra lebih identik dengan transmisi manual karena ikon generasi sebelumnya. Bagaimana dengan BMW Z4 yang menjadi cikal bakal terbentuknya Supra Mk.5, jika bertransmisi manual?

Nyatanya para konsumen tidak tertarik dengan BMW Z4, rasanya pun kurang cocok mengaplikasikan transmisi manual, di mana mobil tersebut merupakan sedan sport roadster yang modern. Mobil itupun hanya terjual 2 unit sejak 2019 di Australia.

Baca juga: Infinitas Hybrid Charger, Paket Tingkatkan Performa BMW M2 CS, M3 Dan M4

BMW mulai menawarkan transmisi manual 6 percepatan untuk Z4 pada 2019. Transmisi ini hanya tersedia pada tipe basic sDrive20i, menggendong mesin 4 silinder DOHC turbo berkapasitas 2.000 cc segaris yang menghasilkan 197 dk dan torsinya 320 Nm. Tenaga dikirim ke roda belakang, akselerasi 0-100 kpj dapat dicapai dalam waktu 6,8 detik, 0,2 detik lebih lambat dibanding transmisi otomatis.

Baca juga: Modifikasi BMW Seri 7 Bergaya Simple Dan Elegan Milik Pengusaha Kedai Kopi

“Karena hanya menjual dua unit BMW Z4 sDrive20i yang dilengkapi dengan transmisi manual yang telah dijual sejak diluncurkan pada kuartal pertama 2019, BMW Australia telah membuat keputusan untuk menghapus varian ini dari line-up dari bulan produksi Juli 2021,” kata juru bicara BMW Australia.

Namun, Z4 sDrive20i masih tersedia dengan transmisi Steptronic Sport delapan percepatan, mesinnya dan tenaganya pun mirip-mirip. Tetapi akselerasi 0-100 kpj lebih cepat yakni sekitar 6,5 detik.