Kurangi Angka Kecelakaan, Toyota Camry Club Indonesia Gelar Pelatihan Safety Driving

Kurangi Angka Kecelakaan, Toyota Camry Club Indonesia Gelar Pelatihan Safety Driving Penyerahan pelakat kepada TCCI (Foto: TCCI)

KabarOto.com - Banyaknya pengendara mobil yang mengabaikan keselamatan berkendara di jalan, membuat Toyota Camry Club Indonesia (TCCI) harus membuat pelatihan safety driving. Menggandeng Korlantas Polri, mereka pun mengundang 15 komunitas mobil untuk mengikuti kegiatan, ini.

Handy Tan, Ketua Umum TCCI mengatakan, awal membuat kegiatan ini karena riset, kebanyakan masyarakat hidup di jalan, menggunakan mobil untuk beraktivitas. Apalagi saat ini banyak promo menarik dari diler mobil, membuat pemilik roda empat bertambah.

Baca Juga: Kopdar Komunitas TEVCI, Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-77 Tahun

"Banyak banget mobil di jalan raya, tidak semua orang bisa mengendarai mobil dengan baik, bukan skill berkendaranya, tapi attitude mengemudi harus diperhatikan," terang Handy, Minggu (17/09/2022).

Para peserta pelatihan safety driving

Pelatihan safety driving yang diikuti oleh 80 peserta dari berbagai komunitas mobil diJabodetabek ini, berlangsung di Pusdik Lantas Polri, Serpong, Banten. Dan diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Para anggota Kepolisian menghadirkan materi mengenai attitude berkendara, seperti bahaya menggunakan smartphone sambil menyetir, dan cara berkendara di jalan raya yang benar.

"Attitude ya, seperti contoh ada mobil lambat di jalan, pas di salip dia lagi main smartphone," tambah Handy. Dalam pelatihan ini 30% teori dan 70% praktek.

AKBP Arief Bahtiar, Kasidispen Subdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri mengatakan, transportasi merupakan urat nadi kehidupan, terutama dalam mendukung peningkatan perekonomian, untuk memajukan kesejahteraan nasional.

Baca Juga: Komunitas FOCI Chapter Yogyakarta Resmi Didirikan

"Pentingnya lalu lintas dalam kehidupan manusia, maka itu menjadi hal yang harus dikelola dengan baik," jelasnya. Karena, jika tidak akan berdampak timbulnya berbagai permasalahan di bidang lalu lintas dan angkutan jalan, yaitu pelanggaran lalu lintas, kemacetan dan kecelakaan.