POPULAR STORIES

Kymco Like EV Dan Agility EV Sudah Keliling Tangerang

Kymco Like EV dan Agility EV Sudah Keliling Tangerang Kymco Like EV (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Dalam rangka mendukung produksi kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Bahkan target tahun 2024, untuk kendaraan roda dua harus tercapai hingga 40%, dan tahun 2028 sampai 80%. Sementara untuk kendaraan roda empat, tahun 2024 harus terealisasi sebanyak 35% dan tahun 2028 masuk ke 80%.

Baca Juga: Grab Gunakan 20 Kymco Listrik Untuk Mitranya Di Tangerang

Untuk mewujudkan rencana pemerintah, Grab Indonesia sudah menggunakan transportasi berbasis listrik, baik sepeda motor dan mobil. Untuk motor, yang terbaru, Grab menggunakan Kymco Agility EV dan Kymco Like EV.

Sebagai langkah awal kerjasama, Grab mengoperasikan 20 unit motor listrik Kymco tersebut di kawasan Tangerang dan sekitarnya. Bahkan, Kymco pun sudah menghadirkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mitra Grab yang meggunakan motor listrik buatan Taiwan.

Kymco Like EV terdapat list biru di seluruh bodinya (Foto: Istimewa)

Motor ini digunakan oleh mitra Grab dengan sistem sewa. Namun Grab belum bisa memberikan informasi berapa sewa per harinya. "kami belum bisa sebutkan harga sewa per harinya," terang Stephanus Widi, Head of EV Business, Grab Indonesia.

Sedikit informasi tentang Kymco Like EV. Motor ini pertama kali diperkenalkan di EICMA 2019. Jika dilihat dari desainnya, sama dengan Like 150 konvensional. Namun satu yang membedakan list biru yang melingkar di semua bodinya.

Sementara itu, yang membedakan lainnya cover lampu depan, panel meter, cover lampu belakang sampai besi behel belakang dilapisi krom. Hal lain terlihat ada inisial EV di bagian bodi belakang.

Kymco Like EV dibekali Brushless DC motor dengan power 3200 W. Kymco membekali motor ini dengan dua baterai Lithium-ion dengan bobot satu baterai 6 kg berkapasitas 50V/13 Ah. Tenaga maksimumnya sebesar 3,2 kW dengan torsi mencapai 124 Nm.

Kymco Agility lebih kompak namun terlihat sporty (Foto: Istimewa)

Motor listrik ini memiliki dimensi panjang 1.935 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.145 mm. Sementara itu, jarak sumbu rodanya 1.315 mm, tinggi joknya mencapai 805 mm. Berat secara keseluruhan 110 kg.

Baca Juga: Gandeng Kymco, Grab Hadirkan Stasiun Penukaran Baterai Motor Listrik Di Tangerang

Sementara itu, Kymco Agility EV, modelnya lebih kompak, namun memiliki kesan sporty. Motor ini dibekali baterai Lithium-ion 50 V – 13 Ah, engine power mencapai 2000 watts. Motor ini bisa berjalan dengan kecepatan maksimal 45kpj. Dalam posisi baterai penuh, bisa menempuh jarak sampai 50 km.