POPULAR STORIES

Lalu Lintas Jelang Natal Dan Tahun Baru Dipastikan Meningkat, Polri Akan Gelar Operasi Lilin

Lalu Lintas Jelang Natal dan Tahun Baru Dipastikan Meningkat, Polri akan Gelar Operasi Lilin Polri akan mengamankan lalu lintas di berbagai jalur tempat masyarakat berlibur menyambut Nataru (Foto Ilustrasi: NTMC Polri)

KabarOto.com - Arus lalu lintas jelang Natal 2023 dan tahun baru 2024 dipastikan meningkat, Polri akan menggelar Operasi Lilin untuk menyambut libur Natal 2023 dan tahun baru 2024. Masyarakat akan menggunakan kendaraan bermotor untuk berlibur dan mengikuti kegiatan keagamaan.

“Polri menggelar Operasi Lilin selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024,” jelas Karo Binopsnal Baharkam Polri Brigjen Pol Makhruzi Rahman, dikutip dari NTMC Polri (30/11/2023).

Baca Juga: Kakorlantas Soroti Kecelakaan Di Jalur Arteri Selama Operasi Lilin 2022

Menurutnya, operasi tersebut untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 serta masa kampanye, Pilpres dan Pileg.

Makhruzi pun menyatakan, dalam Operasi Lilin, Polri akan menyiapkan 101.092 personel dari Mabes Polri dan Polda, tugasnya menjaga kerawanan saat perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Petugas mengatur lalu lintas menuju tempat liburan (Foto Ilustrasi: Jasa Marga)

Potensi ancaman dalam perayaan akhir tahun itu, adalah penolakan dan pembubaran kegiatan keagamaan, serta teror dan serangan bom kelompok teroris.

Potensi lainnya, adalah kejahatan konvensional, kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan kecelakaan laut karena mobilitas masyarakat meningkat.

“Polri sudah melakukan antisipasi dengan Operasi Mantap Brata, di samping melakukan koordinasi dengan para stakeholder, seperti Kemenhub, BMKG, Kementerian PUPR, dan sebagainya,” tambah Makhruzi.

Operasi Lilin akan mengedepankan pencegahan, didukung deteksi dini dan pencegahan hukum dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Baca Juga: Enam Orang Meninggal Dan Dua Luka Berat Hingga Hari Kedua Operasi Lilin 2022

“Kita ingin masyarakat merayakan dan Natal dan tahun baru dengan aman, nyaman, dan selamat,” kata Makhruzi lagi.Menurutnya, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat sekarang mengalami peningkatan secara kuantitas dan kualitas.