POPULAR STORIES

Kakorlantas Soroti Kecelakaan Di Jalur Arteri Selama Operasi Lilin 2022

Kakorlantas Soroti Kecelakaan di Jalur Arteri Selama Operasi Lilin 2022 Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi meninjau sarana dan prasarana Operasi Lilin di Bogor, Jawa Barat (NTMC)

KabarOto.com - Secara keseluruhan, pelaksanaan Operasi Lilin 2022, pengamanan natal 2022 dan tahun baru 2023 berjalan dengan aman dan lancar.

Target dari Operasi Lilin 2022, pengamanan natal 2022 dan tahun baru 2023 sendiri adalah tercapainya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas). Baik menuju jalur tol, arteri tempat wisata, dan tempat ibadah.

Baca juga: Minimalkan Kecelakaan Di Tol Cipularang, Polda Jabar Akan Lakukan Ini

Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi menuturkan, selama operasi lilin 2022 tidak ada kecelakaan di jalan tol yang menonjol. Namun ia menyoroti banyaknya peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalur arteri.

“Masih kendaraan bermotor roda dua yang mendominasi kecelakaan ini," ujar Irjen Firman Shantyabudi.

Ia tak menyebut angka kecelakaan yang terjadi di jalur arteri. Namun, Jenderal Bintang Dua itu menegaskan bahwa penindakan berupa tilang naik 37 persen dan teguran naik 24 persen.

hati-hati dan waspada selama berkendara di jalan raya (Foto: Wahana)

"Tetapi kita upayakan persuasif, ini dua bulan ini kita pendekatan dengan e-Tilang,” jelas Kakorlantas.

Sedangkan untuk angka korban meninggal dunia mengalami penurunan dibandingkan Nataru tahun 2019 atau sebelum pandemi COVID-19. Tercatat, jumlah korban meninggal dunia turun 40 persen, luka berat 19 persen dan luka ringan lima persen.

Baca Juga: Tips Aman Kendarai Motor Di Jalan Menanjak Dan Menurun

“Saya perlu sampaikan bahwa dalam kecelakaan yang meningkat ini, yang menonjol adalah kecelakaan tunggal, mungkin karena faktor kelelahan atau karena dan lain sebagainya salah satunya ingin cepat sampai di tempat tujuan,” kata Firman.