Lamborghini Miura Ini Direstorasi Dan Dimodifikasi Secara Total

Lamborghini Miura Ini Direstorasi dan Dimodifikasi Secara Total

KabarOto.com - Mobil tua dengan kondisi bagus, pasti akan menjadi pusat perhatian banyak orang. Belum lagi jika mobil tersebut merupakan edisi terbatas. Seperti Lamborghini Miura yang satu ini, telah direstorasi maksimal, agar terlihat seperti baru.

Mobil ini aslinya adalah Lamborghini Miura P400 S keluaran 1968. Mobil ini mengejar konsep modifikasi mirip Lamborghini Miura Jota. Diberi nama “Millechiodi”, nama tersebut memiliki arti 1.000 paku dalam bahasa Italia. Yap, mobil ini dibangun dengan banyak paku rivet di bodinya. Hal itulah yang menambah keunikan mobil ini.

Bagian depannya sudah banyak mendapat perubahan. Yang paling terlihat adalah bentuk lampunya. Lampu dari Lamborghini Miura P400 S ini sudah dirubah. Tidak ada lagi kisi-kisi udara di sekitar lampu khas Lamborghini Miura.

Baca juga: Mobil Klasik Lamborghini Miura S Satu-satunya Di Asia Tenggara, Milik Orang Indonesia Loh!

Di bagian kap mesin terdapat sepasang saluran udara. Saluran udara tersebut terpasang dengan dikelilingi paku rivet. Selain itu, di bagian depan juga terdapat splitter. Yang terpasang rapih di bagian bumpernya.

Ke bagian samping dari supercar Italia ini. Bagian sampingnya terlihat sangat rapih. Selain itu, garis-garis dinamis juga tampak menghiasi. Kehadiran lubang-lubang udara turut mendongkrak penampilannya. Rivet-rivet yang terpasang di sekujur bagian samping mobil ini, juga menambah unik.

Bagian peleknya masih menggunakan pelek bawaan Lamborghini Miura. Namun pelek ini dibalut dengan ban yang lebih besar. Pelek ini juga telah diwarnai ulang dengan warna emas. Sehingga terlihat serasi dengan warna bodinya.

Bagian belakang dari Lamborghini Miura ini juga terlihat menarik. Restorasi yang dilakukan pada Lamborghini Miura ini sangat mendetail. Hingga bagian emblemnya Lamborghini dan Miura pun terpasang dengan rapih.

Bagian lampu belakangnya juga masih menggunakan model bulat. Berpadu dengan bumper belakang yang sporty. Pada bumper belakang ini terdapat sebuah sepasang jaring-jaring. Jaring-jaring ini mengapit knakpot model balap di Lamborghini Miura.

Bagian interior ini juga digarap dengan sangat rapih. Interior mobil lawas ini bahkan terlihat seperti interior mobil baru. Indikator-indikator analog di mobil direstorasi dengan rapih. Bagian dasbornya juga mengalami restorasi dan pembaharuan. Berpadu dengan setir bergaya balap, bahkan jok dan karpet mobilnya pun terlihat seperti baru.

Baca juga: Inilah Sian, Supercar Hybrid Pertama Lamborghini

Mesin juga tidak luput dari sentuhan restorasi dan modifikasi. Lamborghini Miura P400 S standarnya menggunakan mesin V12 3.900 cc. Namun untuk Lamborghini Miura yang satu ini, mesinnya sudah naik kapasitasnya menjadi 4.100 cc.

Usut punya usut, ternyata Lamborghini Miura ini dibangun untuk mengenang sebuah Lamborghini Miura Jota. Dilansir the Drive, seorang pengusaha Italia bernama Walter Ronchi, awalnya memiliki sebuah Lamborghini Miura Jota. Lalu ia menjual Lamborghini Miura Jota itu kepada orang lain.

Sayangnya Lamborghini Miura Jota tersebut hancur dalam sebuah kecelakaan. Sedih karena Lamborghini Miura Jota tersebut hancur. Walter Ronchi memutuskan untuk membangun sebuah Lamborghini Miura Jota yang baru. Maka sebuah Lamborghini Miura biasa dibangun untuk mengembalikan kejayaan Lamborghini Miura Jota. Ia bekerja sama dengan dua mantan pekerja Lamborghini, dan jadilah Lamborghini Miura dengan modifikasi Jota ini.

Namun, mobil ini sudah bukan milik Walter Ronchi lagi. Mobil ini juga telah beberapa kali berpindah tangan. Juga telah beberapa kali juga dimodifikasi. Hingga pada tahun 2015, mobil ini dikembalikan ke warna aslinya. Yaitu hijau Inggris, berpadu dengan warna kuning tua.

Bagian mesin juga telah direstorasi, dengan blok dan piston yang lebih besar. Restorasi ini menghabiskan dana hingga USD 320.000. Atau jika dikonversikan ke rupiah menjadi sekitar Rp 4,5 Miliar. Saat ini "Millechiodi" sedang dijual oleh Kidston SA. Sebuah diler yang berbasis di Jenewa, Swiss, meskipun harga jualnya tidak diketahui.

Namun, tentunya harga mobil ini tidak akan murah ya. (Gregorius Nikolaus.P)