POPULAR STORIES

Lamborghini Urus ST-X Versi Balap, Siap Digeber Kencang!

Lamborghini Urus ST-X versi Balap, Siap Digeber Kencang!

KabarOto.com - Urus adalah mobil SUV pertama dari pabrikan mobil Lamborghini. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 2017. Meskipun mengambil wujud SUV, bukan lantas performanya menurun. Lamborghini tetap membekali SUV ini dengan mesin bertenaga besar.

Bahkan, Lamborghini juga ingin membuktikan performa tinggi SUV ini, membuat Lamborghini Urus untuk versi balap. Diberi nama Lamborghini Urus ST-X, SUV ini sekilas tidak banyak berbeda dengan varian biasanya. Namun sebenarnya sudah banyak ubahan untuk meningkatkan performa.

Langkah awal adalah membuat mobil ini lebih ringan, dengan melepaskan beberapa komponen yang tidak digunakan. Sehingga mobil ini berhasil diet, hingga bobotnya turun 550 kg.

Baca juga: Lamborghini Urus Hasil Garapan Novitec Tembus 774 Dk

Upaya penurunan bobot mobil ini juga ada di beberapa bagian eksterior, seperti di bagian kap mesin dengan bahan baku serat karbon. Bagian kap mesin ini juga telah disematkan air intake tambahan. Supaya aliran udara ke mesinnya menjadi lebih lancar, sementara untuk menunjang penampilan bagian bumper berdesain sporty dan gahar.

Penggunaan perangkat aerodinamis menjadi menu wajib, seperti bagian side skirt berbahan serat karbon. Pelek menggunakan ukuran 21 inci yang terbuat dari bahan alumunium yang ringan dan dibalut ban Pirelli.

Bagian buritan mengadopsi sayap belakang berdesain khusus untuk meminimalkan hambatan udara, perangkat ini terbuat dari bahan serat karbon.

Untuk bagian interiornya, Lamborghini belum memberikan informasi. Namun, seharusnya Lamborghini juga menyematkan interior dengan standard balap, dengan standar keselamatan maksimal.

Baca juga: Inilah Sian, Supercar Hybrid Pertama Lamborghini

Dapur pacunya mengandalkan mesin V8 twin turbo dengan kapasitas 4.000 cc. Mesin ini sanggup menyemburkan tenaga maksimum hingga 650 dk, serta torsi maksimum di angka 850 Nm.

Namun, Lamborghini Urus ST-X hanya dibuat khusus balapan satu jenis mobil. Karena memang belum ada lagi mobil setingkat yang dapat diadu Lamborghini Urus ST-X. Mobil ini akan beraksi di tahun depan. Tepatnya dalam ajang Super Trofeo 2020 World Finals di sirkuit Misano Adriatico, Italia.

Wah, pasti seru ya melihat SUV-SUV ini adu kebut di Sirkuit. (Gregorius Nikolaus.P)