Lampu Berembun? Ini Sebab dan Solusinya

Kipli
Kipli 30 Mar 2018 - 10:01
Lampu Berembun? Ini Sebab dan Solusinya
Lampu berembun sebabkan banyak masalah (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Dalam kendaraan, lampu merupakan salah satu bagian penting dalam menjamin visibilitas saat berkendara. Ketika memasuki musim hujan, salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada bagian ini adalah munculnya embun.

Lampu yang berembun, selain membuat tampilannya jadi kurang menarik juga akan mengurangi cahaya yang dipancarkan dari lampu mobil. Bahkan, kebanyakan orang sulit untuk membersihkan embun yang berada di dalamnya.

Apa sebab timbul embun?

Fachry dari Depo Lampu di kawasan Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Rabu (28/3/2018) lalu, menjelaskan, munculnya proses pengembunan ini sering terjadi akibat kondisi sil atau mika rumah lampu sudah tidak bagus atau bercelah. Kondisi itu bisa menjadi celah bagi masuknya air atau udara ke dalam mika lampu.

Baca Juga: Solusi Jitu Atasi Kaca Mobil Berembun

Akibatnya, akan membuat mika lampu menjadi berembun. Bahkan, bisa membuat genangan air di dalam rumah lampu lho.

Fachry menambahkan, biasanya terbukanya mika kaca atau sil disebabkan karena kebiasaan buruk pemilik untuk memarkirkan kendaraan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung.

Panas matahari akan membuat sil kaku sehingga menimbulkan retak. Terbukanya sil juga bisa jadi disebabkan oleh usia yang terlampau lama.

Bahaya embun

Bila menemukan lampu kendaraan yang berembun, sebaiknya segera lakukan tindakan. Lampu berembun akan membuat warna mika lampu kusam dan membahayakan. Lampu yang kusam biasanya diakibatkan oleh jamur yang tumbuh subur di tempat lembab. Semakin kusam lampu, semakin buruk penerangannya dan mengurangi keindahan tampilan kendaraan.

Selain itu, potensi korsleting akibat embun atau air di dalam lampu sangat besar. Selanjutnya, merusak jaringan kelistrikan lampu atau jaringan kelistrikan lainnya yang terhubung di dalam rumah lampu jika ada yang terkelupas.

Cara atasi embun

Untuk membersihkan embun dari rumah lampu sebenarnya cukup mudah. Nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya.

“Namun, cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun sudah menjadi genangan air, tidak ada cara lain selain membuka mika lampu tersebut,” ujarnya.

Periksa bagian belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Ketika tersumbat, bersihkan agar kotoran tidak menempel. Keluarkan embun dari mika lampu dengan melepasnya searah jarum jam.

Ketika mika sudah terlepas, nyalakanlah lampu selama beberapa menit hingga embun hilang. Kemudian keringkan dan bersihkan, lalu pasang kembali mika lampu dengan rapat jangan sampai timbul celah sedikitpun.

So, lampu adalah komponen utama yang ada. Jadi, sobat Kabaroto harus memperhatikan lampu tersebut berfungsi dengan baik. Terutama jika kamu sering gunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Selamat mencoba!

Editor : ballian