Land Rover Defender Masuk Rencana Kendaraan Berbahan Bakar Hidrogen

Land Rover Defender Masuk Rencana Kendaraan Berbahan Bakar Hidrogen

KabarOto.com – Land Rover Defender dikenal sebagai kendaraan penjelajah yang sering kali menjangkau area yang jarang dilalui manusia. Oleh sebab itu, SUV ini masuk kategori mobil yang akan dibekali penggerak hybrid atau sel bahan bakar hidrogen yang bebas emisi.

Pabrikan asal Inggris ini dikabarkan tengah mengembangkan prototipe Land Rover Defender FCEV sebagai bagian dari strategi menghilangkan emisi gas buang mulai tahun 2036 dan mencapai emisi nol karbon bersih di seluruh rantai pasokan, produk, dan operasinya pada tahun 2039.

Baca juga: Penjualan Jaguar Land Rover Meningkat Di Kuartal Pertama 2021

Dikenal sebagai Proyek Zeus, Land Rover akan bekerjasama dengan pihak lain untuk memproduksi kendaraan sel bahan bakar.

Prototipe land Rover Defender FCEV akan dirancang untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi sel bahan bakar mendukung atribut utama seperti kemampuan perjalanan jarak jauh, kinerja off-road, penarik, dan pengoperasian yang mulus melalui spektrum penuh kondisi cuaca dingin dan panas yang ekstrem.

“Kami tahu hidrogen memiliki peran dalam campuran mesin masa depan di seluruh industri transportasi. Selain kendaraan listrik baterai, hidrogen menawarkan solusi bebas emisi lainnya, yang sesuai dengan produk Jaguar dan Land Rover," jelas Head of Hydrogen and Fuel Cells Jaguar Land Rover Ralph Clague.

Baca juga: Land Rover Defender V8, Diklaim SUV Terkuat Inggris

Prototipe Land Rover Defender FCEV memiliki tangki hidrogen bertekanan tinggi dan baterai yang dipasang di tengah.

Land Rover percaya bahwa ekosistem sel bahan bakar hidrogen sangat sesuai dengan kebutuhannya karena kepadatan energinya yang tinggi, kemampuan pengisian bahan bakar yang cepat, dan kehilangan jangkauan minimal pada suhu rendah.