POPULAR STORIES

Lando Norris Terhalang Nikita Mazepin Di Kualifikasi, Dipastikan Kena Hukuman

Lando Norris Terhalang Nikita Mazepin di Kualifikasi, Dipastikan Kena Hukuman

KabarOto.com - Lomba Formula 1 makin panas, ternyata persaingan tidak melulu saat balapan berlangsung. Tetapi ini terlihat juga pada saat kualifikasi, memperebutkan posisi start terbaik dengan mencetak waktu tercepat hampir dilakukan oleh para pembalap F1.

Tak pelak jika sesi kualifikasi pun bisa berlangsung ketat dan panas, layaknya saat balapan berlangsung. Seperti yang dialami oleh Lando Norris (McLaren) ditahan oleh Nikita Mazepin (Haas) di tikungan terakhir.

Di Tikungan 15 di mana Mazepin membiarkan dua mobil lewat tetapi berakhir tepat di depan Norris. Akhirnya pembalap berusia 21 tahun tersebut harus tertahan saat mencoba mengukir waktu tercepat. Dampaknya, Mazepin harus menerima hukuman, penalti turun tiga grid untuk insiden itu yang artinya memulai balapan dari posisi terakhir.

Baca juga: F1 Spanyol 2021 Bisa Hadirkan 1.000 Penonton

Mazepin harus puas setelah diberi hukuman penalti

Tapi Norris bersimpati dengan posisi Mazepin, pembalap Haas yang dihukum berada dalam "situasi yang sulit" karena dia ditahan oleh Kimi Raikkonen (Alfa Romeo Racing) dan Pierre Gasly (Scuderia AlphaTauri) sebelum menahan Norris sendiri.

“Sejujurnya dia berada dalam situasi yang sulit, karena dua mobil lewat dan menahannya, jadi tidak banyak yang bisa dia lakukan. Kadang-kadang di Formula 1 seperti itu dan terutama di babak kualifikasi Anda tidak dapat menghalangi seseorang seperti itu dan itu membuat saya sedikit tertahan. Dia harus melakukan itu sedikit lebih banyak untuk memastikan dia menyingkir tetapi tidak semua kesalahan ada padanya. Tapi dia pasti bisa berbuat lebih banyak. Itu adalah situasi yang sulit baginya dan tidak beruntung bagi kami,” pungkas Norris.

Baca juga: Mercedes Wujudkan Impian Romain Grosjean Kendarai Mobil F1 Terakhir Kali

Norris akhirnya menempati posisi start 9, tepat berada dibelakang Sergio Perez (Red Bull Racing). Sementara rekan satu tim Norris yakni Daniel Ricciardo berada diposisi 7, artinya dua pembalap McLaren berada di barisan 10 besar saat akan memulai balapan.

Saat ini di klasemen pabrikan, McLaren unggul 11 poin dari Ferrari, Tentu balapan di Spanyol ini menjadi momen penting dimanfaatkan pembalap McLaren untuk menyumbang nilai bagi tim.