POPULAR STORIES

Langkah Yang Dilakukan Grab, Agar Penumpang Aman Dari Virus Covid-19

Langkah yang Dilakukan Grab, Agar Penumpang Aman dari Virus Covid-19 Ilustrasi Grab (Grab)

KabarOto.com - Perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis online, Grab, baru saja meluncurkan GrabProtect, sebuah protokol keamanan dan kebersihan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus Covid-19 dari armadanya.

Melalui GrabProtect, nantinya seluruh armada Grab baik mobil maupun sepeda motor, akan dilengkapi dengan fitur keamanan, peralatan kebersihan, serta aturan keamanan terbaru.

Baca Juga: Cek Persiapan New Normal, Presiden Jokowi Naik Mobil Baru Ke Bekasi?

Hal itu dilakukan, karena pemerintah di beberapa negara di wilayah Asia Tenggara, saat ini mulai melonggarkan aksi pembatasan sosial secara bertahap dan memulai kembali aktivitas perekonomian. Akan tetapi, masih ada kekhawatiran akan penyebaran virus 'gelombang kedua'.

Russell Cohen, Regional Head of Operations, Grab mengatakan, berdasarkan survey, mengenakan masker (77%), menyediakan hand sanitizer dalam mobil (71%), dan mendisinfeksi permukaan mobil sebelum memulai perjalanan (61%) adalah langkah pencegahan terpenting untuk memerangi Covid-19 saat ini.

"Pandemi Covid-19 telah meningkatkan kesadaran terhadap keamanan dan kebersihan di berbagai industri. Bersama dengan mitra pengemudi, kami akan mendorong perilaku bersih yang lebih baik sebelum perjalanan dimulai," kata Russell.

GrabBike akan gunakan partisi plastik

Lebih lanjut ia mengatakan, GrabProtect memperkenalkan rutinitas dalam berkendara yang baru, agar perjalanan lebih aman.

Dimulai dengan memastikan pengguna dalam keadaan sehat, dan telah melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum memulai perjalanan.

Menariknya, pengguna Grab juga diberikan kesempatan untuk membatalkan dan memberikan tanggapan kepada Grab, jika mitra pengemudi tidak menggunakan masker, serta tidak menjaga keamanan dan kebersihan.

"Grab akan meluncurkan dua fitur in-app terbaru (untuk mitra), formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online dan fitur pengecekan masker via selfie di seluruh pasar Grab mulai akhir bulan Juni," tutur Russell.

Protokol GrabProtect

Sebagai bagian dari program kebersihan GrabProtect di Indonesia, Grab juga telah membentuk armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect, yang dilengkapi dengan partisi plastik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi.

Grab akan memasang partisi plastik dan mendistribusikan lebih dari 10.000 peralatan kebersihan yang terdiri dari hand sanitizer, disinfektan kendaraan, masker wajah untuk mitra pengemudi GrabCar Protect selama sebulan mendatang.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Mewah Dengan Harga Paling Mahal Di Dunia

"Dalam beberapa minggu kedepan, Grab juga menyiapkan partisi plastik dan menyediakan peralatan kebersihan ini kepada lebih dari 8.000 kendaraan GrabBike," jelas Russell.

Selain itu, Grab juga telah mendirikan lebih dari 40 stasiun sanitasi di Indonesia, termasuk 21 stasiun di Jakarta di mana mitra pengemudi dapat membawa kendaraannya untuk disinfeksi.